PEKERJA KANTORAN


Ketika kita mulai bekerja di kantor, perhatian utama kita difokuskan pada apa yang dikerjakan dan bagaimana mengerjakannya dengan benar dan baik.

Sebagai seorang pekerja, supaya dapat menjalankan fungsinya secara efektif, harus memiliki ketrampilan berbagai teknik bagaimana mengerjakan pekerjaan dengan benar dan baik, yang disebut juga sebagai Competency-based Skill.

Seorang pekerja juga membutuhkan sikap dan perilaku yang positif, tingkat disiplin yang tinggi, semangat bekerja yang tak kunjung padam, menyukai pekerjaannya, berani mengambil resiko, dan sejenisnya, yang disebut juga sebagai Commitment-based Skill.

Tak satu pun orang bisa bekerja sendiri. Ia merupakan bagian dari sebuah kelompok kerja. Untuk bisa bekerja efektif dalam suatu kelompok kerja, setiap orang membutuhkan ketrampilan bekerja dalam kelompok atau teamwork, yang biasa juga disebut sebagai Cooperation-based Skill.

Tiga macam ketrampilan tersebut bisa dipelajari melalui proses belajar dan latihan. Sumber belajar, selain dari bangku sekolah, kuliah dan kursus, ternyata bisa diperoleh juga dari pengalaman kerja diri sendiri maupun orang lain. Makin intensif seseorang menggunakan panca inderanya, makin terampil orang itu. Mau bertanya, mendengarkan pendapat orang lain, mengamati apa yang dilihat, mengemukakan pendapat, berargumentasi dan membaca buku merupakan sumber belajar yang bisa diandalkan.

Pohon yang berhenti berkembang, sedang menunggu kelayuan dan menuju kematiannya. Sesungguhnya, orang yang berhenti belajar adalah orang yang sedang menunggu keharituaan dan menuju kematiaannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s