WIBAWA BOSS


WIBAWA BOSS
attitude, effort dan knowledge/experience
BOS adalah manusia biasa yang kebetulan memperoleh keberhasilan atau ‘rezeki’, sehingga dipercaya segenap pimpinan menjadi bos. Jadi, ia manusia biasa dengan segudang kelemahannya yang diberi peran sebagai bos dikantor.

Ada tiga faktor sukses seorang bos: attitude, effort dan knowledge/experience. Sikap dan perilakunya, semangat usahanya untuk sukses dan ilmu pengetahuannya serta pengalamannya. No one is perfect, a team can be!. Tiada seorang pun yang sempurna. Tapi, suatu tim itu mungkin. Di sinilah letak seni dari manajemen; setiap anggota tim harus sadar untuk memberikan andil yang optimal, dan juga harus sadar bahwa setiap anggota tim memiliki kelemahan yang unik, termasuk didalamnya kelemahan bos. Setiap anggota tim harus tulus mengcover kelemahan anggota tim lainnya. Secara ‘politik kantor’, kelemahan sang bos itu bisa dilihat sebagai peluang bagi bawahannya untuk tampil kepermukaan dan membuktikan keunggulannya. Hanya saja semangatnya jangan kudeta, tapi menyiapkan diri untuk menggantikannya kelak bila tiba saatnya. Semangatnya harus bagaimana tim yang dipimpin oleh bos sukses tanpa itikad untuk menjadi ‘bintang lapangan’.

Pada umumnya tak ada satu pun bos yang senang bila bawahannya menjadi ‘pangeran’. Bahkan ada pendapat diantara para bos; don’t create crown princing, jangan ciptakan sang pangeran dengan alibi akan menciptakan persaingan yang tak sehat antar bawahannya. Yang diharapkan oleh bos adalah punya bawahan yang tangguh, yang dapat bekerja sama dalam sebuah tim.

Dimana pun, belum tentu formal leader berperan sebagaimana mestinya. Bisa saja seorang informal leader muncul ke permukaan. Bukan untuk menyaingi sang formal leader, tapi justru mengisi gap, dengan meningkatkan produktivitas kerja tim dengan mengisi kelemahan bos. Never accept excuses! Jangan pernah menerima suatu alasan bahwa saya sulit maju karena bos saya begini atau begitu, atau karena orang lain masuk sumur lalu kita ikut masuk sumur. Keep your attitude right, your effort right ang your knowledge and experience right!.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s