Orang Awam: Analogi kerja KOMPUTER


anonymous-the-computer-9904350.jpgKomputer bukanlah suatu alat yang menyeramkan dan harus ditakuti. Komputer hanyalah alat yang tidak berbeda dengan barang elektronik lainnya. Yang tergantung pada suplai listrik dan instruksi-instruksi sebagai sumber energi untuk menjalankan fungsinya.

Bagi orang awam yang belum mengenal komputer lebih jauh, jangan berpikir komputer itu hebat dan canggih yang dapat bekerja dengan sendirinya melebihi kapasitas manusia. Komputer tidak lebih hebat dari manusia karena manusialah yang paling hebat didunia ini. Dengan adanya manusia komputer bisa tercipta untuk menggantikan beberapa tugas rutin manusia secara efektif dan efisien. Itu semua dikarenakan komputer telah diberikan perintah-perintah secara pasti oleh manusia sebagai pembuatnya melalui proses analisa oleh seorang penganalisa yang disebut SISTEM ANALIS, dan perintah itu merupakan alur logika secara terstruktur dan sistimatis, yang biasa disebut PROGRAM dan kemudian dirangkai oleh seorang pemrogram, yang disebut PROGRAMMER yang hasilnya kemudian dimasukan kedalam CPU (Central Processing Unit) sebagai OTAK tempat penyimpanan dan pemrosesan yang sewaktu-waktu bisa dipanggil untuk dijalankan kembali.

cza0840l.jpgSebagai analogi cara kerja komputer misalnya dalam kehidupan rutin sehari-hari dari mulai pagi sampai malam dengan tujuan-tujuan umum yang sudah pasti yaitu bekerja. Pagi-pagi kita bangun tidur terus mandi, tidak lupa menggosok gigi, habis mandi mempersiapkan diri dan makan pagi, kemudian berangkat kerja dan sampai kantor bekerja.

Dalam bekerjapun kita sudah pasti tahu APA dan BAGAIMANA kita mengerjakan tugas-tugas berdasarkan instruksi-instruksi standar operasional prosedur kerja yang tidak lepas dari masalah-masalah dan solusi-solusi sesuai bidang kerja yang dijalankan, sampai akhirnya memperoleh hasil sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan seterusnya sampai keesokan harinya beraktifitas yang sama. Kalau kita perhatikan uraian seperti diatas berulang-ulang dan memang sudah seharusnya demikian.

Aktifitas rutin berulang-ulang yang dilakukan dengan cara yang sama bukankah sebaiknya diberikan ke komputer untuk mengerjakannya?, sehingga kita dapat mengerjakan aktifitas lain yang bisa lebih menunjang produktifitas secara efektif, efisien dan memperoleh profit yang sebesar-besarnya bagi diri kita dan perusahaan tempat kita bekerja pada umumnya.

Untuk dapat bekerja, komputer perlu perintah, instruksi-instruksi sebagai dasar untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Komputer tidak bisa memahami bahasa manusia, jadi harus ada penterjemah (INTERPRETER) bahasa manusia ke bahasa yang bisa dimengerti komputer. Penterjemah itu sudah dibuat oleh manusia yang telah memahami secara teknik bagaimana komputer itu diciptakan. Kita sebagai orang awam tidak perlu memikirkan terlalu jauh masalah itu terkecuali memang ingin menjadi ahli dalam bidang komputer.

Bahasa manusia sebagai penterjemah ke bahasa yang dimengerti komputer disebut PROGRAMMING LANGUAGE. Dengan merangkai kata-kata bahasa tersebut secara terstruktur dan sistimatis menjadi satu kesatuan sesuai alur logika sistem kerja manusia secara manual, kita bisa memberikan perintah kepada komputer untuk menjalankan tugas-tugas rutin tersebut.

Saya ambil contoh dalam hal ini untuk tugas-tugas yang terkait dengan pekerjaan administrasi sederhana yang rutin dikerjakan, seperti misalnya mencatat (INPUT) dan mengolah (PROSES) transaksi pembelian, persediaan, penjualan sampai membuat laporan-laporan (OUTPUT) pembelian, persediaan, penjualan, keuangan dan rugi laba baik secara rinci maupun ringkas sesuai kebutuhan sehingga menjadi informasi yang lebih berarti untuk pengambilan keputusan dan perencanaan ke masa depan yang lebih baik.

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s