Orang Awam: Pengenalan KOMPUTER


computer-class-icon.jpgKomputer adalah suatu alat hitung elektronik buatan manusia yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan dan mengolah data menjadi suatu informasi yang bermanfaat bagi pemakainya.

Komputer bekerja atas sekumpulan instruksi-instruksi yang sudah disiapkan dan di program oleh manusia. Jadi informasi yang dihasilkan oleh komputer adalah sesuatu yang sudah pasti tergantung INPUT – PROSES – OUTPUT. Kalau yang dimasukan sebagai INPUT salah tidak sesuai dengan PROSES yang sudah ditetapkan, maka yang di keluarkan sebagai OUTPUT juga salah atau sering dikenal dengan istilah GIGO (Garbage IN Garbage OUT) Masuk sampah Keluar sampah.

computer6.gifKomputer merupakan satu sistem yang terdiri dari komponen-komponen yang terintegrasi satu sama lain. Adapun komponen-komponen tersebut adalah sebagai berikut:
CPU (Central Processing Unit) adalah chip silikon yang sangat rumit yang mengambil permintaan dari sebuah aplikasi dan kemudian memprosesnya atau mengeksekusinya. Semakin cepat prosesor, semakin banyak operasi yang dapat dieksekusi, semakin cepat aplikasi dijalankan. Kadang istilah CPU digunakan untuk menggambarkan keseluruhan kotak yang mengandung chip (beserta motherboard, cards, disk driver, power supply, dan lain-lain). Tapi penggunaan pertamalah yang paling tepat.

MASS STORAGE, istilah mass storage merujuk kepada berbagai macam teknik dan piranti untuk menyimpan data dalam jumlah besar. termasuk di dalamnya adalah sebuah jenis disk drive dan tape drive. Mass storage ini berbeda dengan memori yang merupakan tempat penyimpanan sementara dalam komputer. Jika komputer dimatikan maka data yang tersimpan pada memori akan terhapus, sedang pada mass storage data tetap akan tersimpan meski komputer dimatikan.

Jenis mass storage utama adalah :

  1. floppy disk yang tidak cukup cepat dan memiki kapasitas kecil, tetapi portable, murah, dan universal.
  2. hardisk yang sang cepat dan mempunyai kapasitas besar. beberapa hardisk bersifat portable (removable hard disk
  3. optical disk yang menggunaklan elektromagnet untuk menyipan data, tidak seperti pada floppy disk dan hard disk. Optical disk mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar, tetapi tidak secepat hard disk.
  4. tape yang mempunyai kapasitas penyimpanan sangat besar, tetapi data yang tersimpan didalamnya tidak dapat di akses secara acak.
  5. mass storage dapat diukur dalam kilobyte(1024 byte), megabyte (1024 kilo byte), giga byte (1024 mega byte) dan terra byte (1024 giga byte)

MONITOR, layar komputer untuk menampilkan hasil dari proses komputer yang terdiri CRT (cathode ray tube) adalah komponen aktif monitor dan TV yang terdiri dari tabung sinar katoda dari kaca yang berbentuk lonceng besar. Salah satu sisinya terdapat electron gun dan terdapat layar di sisi yang lain.

KEYBOARD adalah piranti yang terdiri dari serangkaian tombol yang digunakan untuk memasukan data ke komputer. Tombol pada keyboard dapat diklasifikasikan sebagai berikut: tombol alfanumerik (alphanumeric keys) yang terdiri dari huruf dan angka,tombol tanda baca (punction keys) yang terdiri dari tanda-tanya, titik, titik koma, dan sebagainya, tombol khusus (special keys) seperti tombol fungsi, tombol Control, tombol panah, tombol Caps Lock, dan sebagainya. Layout standard tombol-tombol pada keyboard disebut dengan keyboard QWERTY, karena enam huruf pertama pada baris teratas tombol huruf adalah QWERTY. TIdak ada keyboard komputer standard. Namun, pada dasarnya terdapat tiga macam keyboard PC: yaitu keyboard PC dengan 84 tombol (keyboard XT), keyboard AT dengan 84 tombol, dan keyboard AT yang telah ditingkatkan dengan 101 tombol. Ketiga keyboard ini berbeda pada layout tombol fungsi, tombol Control, tombol Enter, dan tombol Shift. Keyboard yang dikembangkan oleh Microsoft juga berbeda dan menambahkan tombol-tombol yang lain yang terkait dengan fungsi Windows. Di negara-negara yang mempunyai huruf atau karakter khusus juga dikembangkan keyboard yang memudahkan pengetikan atau pemasukan data.

MOUSE adalah alat penggerak pointer sebagai penunjuk untuk menentukan pilihan proses komputer sesuai yang diinginkan pemakainya.

PRINTER adalah alat untuk mencetak ke suatu media cetak sebagai hasil proses komputer.

Dalam kehidupan sehari-hari komputer dapat memberikan banyak manfaat sebagai penunjang aktifitas usaha sehingga bisa lebih efektif dan efisien. Komputer juga bisa dijadikan sebagai sarana Pendidikan dan Hiburan. Dengan memiliki komputer yang lengkap berikut komponen penunjang lainnya, kita bisa menjadikan komputer mempunyai banyak fungsi seperti: untuk mengetik makalah, surat, laporan, dengar musik, nonton VCD/DVD, komunikasi dengan sanak saudara – rekan kerja secara jarak jauh dan kirim surat secara cepat.

Disamping itu juga dengan kemajuan TEKNOLOGI INFORMASI yang begitu pesat membuat komputer menjadi lebih dari hanya sekedar alat hitung, tapi juga bisa sebagai sarana TELEKOMUNIKASI dan INFORMASI yang dapat menunjang aktifitas usaha yang lebih besar lagi, seperti untuk BISNIS ONLINE yang dapat menghasilakn uang via INTERNET.

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI


www.AsianBrain.com

3 comments

  1. ah, awam bagaimana?
    ini sih tulisannya orang yang memang EXPERT di bidang IT
    hehehe…
    salam kenal yaa

    Terima kasih atas komentar layudhi…. salam kenal kembali, semoga bisa terjalin hubungan lebih baik dan berlaanjut. Memang blog ini merupakan obsesi saya untuk menjadi expert dalam bidang IT dengan menampilkan referensi-referensi dari yang sudah lebih dahulu expert dan sukses dalam menjalani hidup ini. Saya masih ingin tumbuh dan berkembang…. Untuk Hidup lebih Hidup,”We life to learn and we learn to live and life. today has to be better than yesterday”🙂

  2. makasi atas informasi yang diberikan
    infomasi yang anda berikan sangat bermanfaat bagi saya…….

    salam kenal untuk semua rakyat indonesia apabila membuka situs ini…

    klo bisa kirimkan informasi yang terbaru mengenai perkembangan dunia IT…
    kirimkan ke alamat e-mail saya……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s