INTERNET Untuk Pemula


Let’s Surf the InternetInternet (Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia) Secara harfiah, internet (kependekan daripada perkataan ‘inter-network’) ialah rangkaian komputer yang berhubung menerusi beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Penjelasan lain tentang Internet adalah merupakan jaringan global yang menghubungkan beribu bahkan berjuta jaringan komputer (local/wide area network’) dan komputer pribadi (stand alone), yang memungkinkan setiap komputer yang terhubung kepadanya bisa melakukan komunikasi satu sama lain (Brace, 1997). Jaringan ini bukan merupakan suatu organisasi atau institusi, karena tak satu pihakpun yang mengatur dan memilikinya.

Brace juga menyebutkan Internet sebagai suatu “kesepakatan”, karena untuk bisa saling berhubungan dan berkomunikasi setiap komputer harus menggunakan protokol standar yaitu TCP/IP ( Transmission Control Protocol/Internet Protocol) yang disepakati bersama. Dengan kata lain meskipun suatu komputer terhubung ke dalam jaringan Internet, tetapi kalau ia tidak menggunakan standar komunikasi pengiriman dan penerimaan yang telah disepakati tersebut, tetap saja ia tidak bisa melakukan komunikasi.

Awalnya Internet lahir untuk suatu keperluan militer Amerika Serikat. Pada awal tahun 1969 Avanced Research Project Agency (ARPA) dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat, membuat suatu eksperimen jaringan yang diberi nama ARPAnet untuk mendukung keperluan penelitian (riset) kalangan militer. Tetapi dalam perkembangan selanjutnya jaringan ini dipergunakan untuk keperluan riset perguruan tinggi, yang dimulai dengan University of California, Stanford Research Institute dan University of Utah (Cronin, 1996).

Fasilitas aplikasi Internet cukup banyak sehingga mampu memberikan dukungan bagi keperluan militer, kalangan akademisi, kalangan media massa, maupun kalangan bisnis. Fasilitas tersebut seperti Telnet, Gopher, WAIS, e-mail, Mailing List (milis), Newsgroup, File Transfer Protocol (FTP), Internet Relay Chat, World Wide Web (WWW)

Di antara keseluruhan fasilitas Internet tersebut terdapat lima aplikasi standar Internet yang dapat dipergunakan untuk keperluan pendidikan (Purbo, 1997), yaitu e-mail, Mailing List (milis), Newsgroup, File Transfer Protocol (FTP), dan World Wide Web (WWW). Adapun kegunaan dari masing-masing fasilitas tersebut adalah sebagai berikut:

  1. E-mail. E-mail oleh para pengguna komputer di Indonesia juga disebut dengan surat elektronik, merupakan fasilitas yang paling sederhana, paling mudah penggunaannya dan dipergunakan secara luas oleh pengguna komputer. E-mail merupakan fasilitas yang memungkinkan dua orang atau lebih melakukan komunikasi yang bersifat tidak sinkron (asynchronous communication mode) atau tidak bersifat real time. Tetapi justru karakteristik seperti itulah yang menjadikan e-mail menjadi sarana komunikasi paling murah.
  2. Mailing List (mills). Mailing list merupakan perluasan penggunaan e-mail, dengan fasilitas ini pengguna yang telah memiliki alamat e-mail bisa bergabung dalam suatu kelompok diskusi, dan melalui milis ini bisa dilakukan diskusi untuk memecahkan suatu permasalahan secara bersama-sama, dengan saling memberikan saran pemecahan (brain storming). Komunikasi melalui milis ini memiliki sifat yang sama dengan e-mail, yaitu bersifat tidak sinkron (asynchronous communication mode) atau bersifat un-real time.
  3. File Transfer Protocol (FTP). FTP adalah fasilitas Internet yang memberikan kemudahan kepada pengguna untuk mencari dan mengambil arsip file (down load) di suatu server yang terhubung ke Internet pada alamat tertentu yang menyediakan berbagai arsip (file), yang memang diizinkan untuk diambil oleh pengguna lain yang membutuhkannya. File ini bisa berupa hasil penelitian, artikel-artikel jurnal dan lain-lain. Di samping itu FTP juga dipergunakan untuk meng-upload file materi situs (homepage) sehingga bisa diakses oleh pengguna dari seluruh pelosok dunia.
  4. News group. Newsgroup dalam Internet adalah fasilitas untuk melakukan komunikasi antara dua orang atau lebih secara serempak dalam pengertian waktu yang sama (real time), dan dengan demikian berarti komunikasi yang dilakukan adalah komunikasi yang sinkron (synchronous communication mode). Bentuk pertemuan ini lazim disebut sebagai konferensi, dan fasilitas yang digunakan bisa sepenuhnya multimedia (audio-visual) dengan mengggunakan fasilitas video conferencing, ataupun text saja atau text dan audio dengan menggunakan fasilitas chat (IRC).
  5. World Wide Web. WWW merupakan kumpulan koleksi besar tentang berbagai macam dokumentasi yang tersimpan dalam berbagai server di seluruh dunia, dan dokumentasi tersebut dikembangkan dalam format hypertext dan hypermedia, dengan menggunakan Hypertext Markup Language (HTML) yang memungkinkan terjadinya koneksi (link) dokumen yang satu dengan yang lain atau bagian dari dokumen yang satu dengan bagian yang lainnya, baik dalam bentuk teks, visual dan lain-lainnya. WWW bersifat multimedia karena merupakan kombinasi dari teks, foto, grafika, audio, animasi dan video, dengan demikian maka WWW pada saat ini merupakan puncak pencapaian yang tidak mungkin dicapai oleh media-media yang tergabung di dalamnya secara sendiri-sendiri.

Untuk bisa memanfaatkan seluruh fasilitas Internet tersebut, seorang pengguna seyogyanya cukup mahir dalam menggunakan program browser seperti Microsoft Internet Explorer (MSIE) dan Netscape, program e-mail seperti Outlook Express yang ier-bundle dengan. MSIE, atau program lain yang terpisah seperti Eudora dan lain-lain. la juga hendaknya memiliki kemampuan dalam menggunakan program pencarian atau dikenal dengan nama search engine yang tentunya akan lebih baik apabila dilengkapi pengetahuan tentang metode Boelan. Di samping itu seorang pengguna juga sebaiknya menguasai program untuk chat dalam rangka melakukan komunikasi realtime dengan orang lain dan FTP yang berguna untuk men-download dan meng-upload sumber-sumber informasi, serta program-progarm pendukung lain untuk keperluan compress-decompress file (seperti WinZip, PKZip dll).

Berikut dibawah ini ringkasan bagi pemula untuk mengetahui internet lebih lanjut. (Referensi: Beginners Guide to Internet, Onno W. Purbo, Computer Network Research Group, Institute of Technology Bandung, 10-1996)

Over 60% of US traffic is already commercial. If you don’t do it, your competitor will.

Teknologi Jaringan Internet

  1. TCP/IP Protocol
  2. Kunci pada IP ADDRESS
  3. Teknologi perangkat keras & perangkat lunak yang banyak dipasaran.
  4. sebagian software public domain.
  5. Tidak tergantung jenis saluran komunikasi.

Persyaratan PC

  1. Sistem Operasi Window atau Linux
  2. Minimal 386 sebaiknya 486.
  3. Memory minimal 8Mbyte
  4. Ada pengecualian untuk PC Packet Radio – dapat digunakan XT!

Konfigurasi Hardware

  1. Melalui Packet Radio
  2. Melalui Wireless LAN
  3. Melalui Satelit
  4. Melalui Telepon
  5. Melalui Local Area Network

Parameter Penentu

  1. Harga
  2. Kecepatan Pengiriman Data
  3. Jarak Jangkau

Konfigurasi Packet Radio
Total investasi diluar PC:

  • Modem Radio Rp.150.000 s/d Rp. 800.000,-
  • Radio Rp.225.000 s/d Rp. 3.000.000,-
  • Kec. Max. 9600bps (bisa naik ke 256Kbps)
  • Jarak Max. 100km

Konfigurasi Wireless LAN
Total investasi diluar komputer (PC)

  • Wireless LAN US$4000 / buah
  • Kecepatan Max. 2Mbps (bisa naik ke 10Mbps)
  • Jarak Max. 15 km

Konfigurasi Satellite Network
Investasi diluar komputer (PC):

  • Sewa peralatan & saluran satelit
  • VSAT SCPC US$5500 / bulan / 64Kbps
  • VSAT TDMA US$1500 / bulan / 64Kbps

Konfigurasi Telepon Network
Investasi diluar komputer (PC):

  • Modem TeleponRp. 250.000 s/d Rp. 3.000.000,-
  • Kec. Max. 28.8Kbps

Konfigurasi Local Area Network
Investasi diluar komputer (PC):

  • Ethernet card Rp. 90.000 s/d Rp. 500.000
  • Kabel dan Hub Ethernet
  • Kec. Max. 10-100Mbps.
  • Jarak Max. 500 meter

Cara Paling Ekonomis?

  1. Internet baru akan menguntungkan jika berlangganan secara kolektif.
  2. Satu kampus dapat dihubungkan ke Internet dengan satu buah leased-line / saluran komunikasi.
  3. Biaya berlangganan bagi 6-10 orang / bulan bisa membiayai langganan satu kampus selama satu bulan! (Seringkali Kita Tidak Menyadari Hal ini)

Frequently Asked Questions?

  1. Bagaimana cara menyambungkan sebuah Corporate Wide Area Network?
  2. Peralatan apa saja yang dibutuhkan?
  3. Bagaimana konfigurasi peralatan tersebut?

Beberapa Servis Internet

  1. e-mail cnrg@itb.ac.id.
  2. mailing list sysop-l@itb.ac.id
  3. News server news.ee.itb.ac.id.
  4. WWW http://www.itb.ac.id.
  5. FTP server ftp.ee.itb.ac.id.
  6. Videoconference
  7. Internet FAX Server
  8. Internet Phone

E-mail address
Contoh: yc1dav@cnrg.itb.ac.id

  • yc1dav Nama User
  • @ “at” (bahasa Inggris)
  • cnrg.itb.ac.id Nama Mesin

kode negara, contoh:

  1. .id = Indonesia
  2. .uk = Inggris
  3. .us = Amerika Serikat
  4. .jp = Jepang
  5. .au = Australia
  6. .sg = Singapura

Kode Jenis Institusi, contoh:

  1. .ac. = Academic
  2. .co. = Komersial
  3. .go. = Pemerintah
  4. .or. = Organisasi lainnya, seperti LSM
  5. .net. = Internet Service Provider

Nama Institusi, contoh:

  1. .itb. Institut Teknologi Bandung
  2. .ui. Universitas Indonesia
  3. .bppt. BPPT
  4. .ptme PT. Metrodata Elektronik
  5. .republika. Koran Republika

Nama Mesin atau Sub-Institusi
CNRG Computer Network Research Group

Konsekuensi Budaya E-mail

  1. Effisiensi Komunikasi.
  2. Komunikasi Tertulis (bukan lisan).
  3. Perkuat kebijaksanaan (kekuatan arus bawah)
  4. Debirokratisasi.
  5. Keterbukaan.
  6. Tidak ada batas institusi.
  7. Penguasaan Pasar.

Nama News Group
comp.society.future

  • Berbeda dengan E-mail, “root” berada di sebelah kanan – dalam contoh diatas yang menjadi “root” adalah kelompok “comp”

Contoh “Root” Newsgroup

  1. comp berbagai diskusi ttg. Computer
  2. sci berbagai diskusi ttg. Science
  3. rec berbagai diskusi ttg. Recreation
  4. biz berbagai diskusi ttg. Bisnis
  5. soc berbagai diskusi ttg. Social aspect
  6. id berbagai diskusi di Indonesia.

Contoh Tampilan News
Header News, Pengirim, Subject, Tanggal dll.

  • Newsgroups: soc.college,soc.college.grad
  • Subject: FAQ: Financial Aid [Monthly posting]
  • From: mkant+@cs.cmu.edu (Mark Kantrowitz)
  • Date: 13 Jul 1995 07:04:31 GMT
  • Organization: CS, Carnegie Mellon University

Isi News ASCII atau File Attachment
Financial Aid FAQ Written by Mark Kantrowitz
This FAQ may be obtained by anonymous ftp from
ftp.cs.cmu.edu [128.2.206.173]
in the directory
/afs/cs.cmu.edu/user/mkant/public/finaid/finaid.faq
using username “anonymous” and password “name@host” (substitute your email address).
The FAQ postings are also archived in the periodic posting archive on rtfm.mit.edu:/pub/usenet/news.answers/college/[18.181.0.24]
Please mail comments, corrections, additions, suggestions, criticisms and other information to mkant@cs.cmu.edu.

URL Universal Resource Locater
Protokol yang digunakan untuk berbicara
http://www.itb.ac.id/cnrg/collaboration.html

  • http Hyper Text Transport Protocol (Web)
  • ftp File Transfer Protocol
  • news Network News Transport Protocol

http://http://www.itb.ac.id/cnrg/collaboration.html

  • nama mesin ……. ingat penjelasan E-mail address?

http://www.itb.ac.id/cnrg/collaboration.html

  • file dimana informasi diletakan untuk masuk ke “root” atau “index” perpanjangan ini tidak perlu dilakukan

Navigasi Informasi

  1. Melakukan Searching Informasi.
  2. Mengetahui Keyword Informasi yang dibutuhkan.

Search Engine Internet

  1. http://www.opentext.com/
  2. http://www.yahoo.com/
  3. http://www.altavista.digital.com/
  4. http://www.lycos.com/
  5. http://www.webcrawler.com/
  6. http://inktomi.cs.berkeley.edu/
  7. http://www.dejanews.com/
  8. http://www.google.co.id/
  9. Lain-lain

One comment

  1. Sy seorang pemula,lg cari klip art nyasar ksini. Insert klip art ngga bisa2 nih.Di komputerku jg sll muncul tulisan Sistem windows error ngga tahu hrs gmn.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s