Telepon Analog via INTERNET


Telepon Analog Keperluan VoIP
17/10/2006
Pesatnya kehadiran telekomunikasi berbasis protokol internet atau IP memang memberikan pilihan untuk melakukan percakapan telepon murah. Karena pada prinsipnya, telekomunikasi IP memanfaatkan ketersediaan jaringan internet yang sangat luas dan menggali protokol-protokol teknologi komunikasi informasi sebagai sebuah konvergensi menembus kebuntuan dalam teknologi informasi maupun telekomunikasi.


Seperti halnya teknologi baru lainnya, teleponi internet yang disebut sebagai Voice over IP (VoIP) sering kali dipersepsikan sebagai sesuatu yang sulit untuk dipelajari, dan pada tingkat perusahaan dianggap sebagai investasi baru yang memakan biaya serta belum tentu memberikan manfaat yang luas.

Persepsi ini memang bagian yang wajar dari perkembangan teknologi komunikasi informasi yang sebenarnya membuka peluang untuk meningkatkan produktivitas dan di sisi lain menekan biaya sekecil mungkin. Bagi usaha kecil menengah (UKM) akan menjadi pertimbangan tersendiri apabila harus menggantikan sistem telepon yang sekarang digunakan dengan sistem VoIP karena khawatir biayanya investasi perangkat menjadi lebih besar.

Selain itu, karena teknologi VoIP dianggap sebagai teknologi baru, akan menjadi terlalu mahal bagi kegiatan UKM untuk memiliki orang-orang yang hanya mengurus masalah teknologi komunikasi informasi. Padahal, kehadiran teknologi VoIP sebenarnya memberikan peluang untuk menekan biaya percakapan telekomunikasi, terutama untuk sambungan langsung jarak jauh dan internasional.

Ini adalah kenyataan yang dihadapi. Namun, perkembangan VoIP berbasis server SIP sebenarnya menghadirkan sebuah fitur lain, kemudahan untuk menggunakan. Baik menggunakan perangkat keras maupun perangkat lunak, protokol SIP sangat mudah penggunaannya bahkan memungkinkan untuk tidak mengganti pesawat-pesawat telepon analog yang banyak digunakan di perusahaan.

Di sisi lain, teknologi protokol SIP juga memungkinkan untuk menggunakan satu kabel (kabel Ethernet RJ-45) yang digunakan baik untuk koneksi jaringan Local Area Network (LAN) maupun untuk keperluan teleponi VoIP. Dengan demikian, dari sisi investasi (di luar mahalnya koneksi jaringan internet broadband seperti Speedy) seharusnya lebih murah tanpa harus mengganti keseluruhan sistem telekomunikasi yang ada.

Aplikasi gratis
Sekarang tersedia banyak sekali aplikasi perangkat lunak dan keras untuk keperluan teleponi VoIP. Aplikasi perangkat lunak berupa softphone (bisa dilihat di http://www.voiprakyat.or.id) tersedia secara gratis, dan bisa segera digunakan untuk terkoneksi dengan produk-produk VoIP yang disediakan pihak ketiga, termasuk i4te VoIP maupun GlobalCall (lihat hal 33).

Aplikasi softphone paling populer sekarang adalah X-Lite 3.0 (http://www.counterpath.com/ index.php?menu=Products&smenu=xlite) yang mudah digunakan. Dan salah satu kelebihan yang dimiliki X-Lite ini adalah memungkinkan untuk melakukan teleponi video kalau sama-sama menggunakan videocam di komputer.

Ada tiga langkah yang diperlukan untuk menggunakan softphone, menetapkan proxy server SIP (untuk VoIPRakyat tinggal memasukkan voiprakyat.or.id, untuk GlobalCall memasukkan alamat IP 202.169.61.2, dan i4te VoIP memasukkan alamat IP 203.208.204.235), memasukkan userid yang digunakan, dan memasukkan kata sandi password yang diperoleh setelah pendaftaran ke penyedia akses teleponi VoIP.

Kelemahan softphone adalah penggunaannya harus melalui komputer. Penggunaannya memang menjadi tidak nyaman seperti penggunaan telepon analog yang selama bertahun-tahun kita gunakan untuk bertelekomunikasi. Keuntungannya, kalau softphone digunakan pada notebook dan kita berada di luar kantor tapi terkoneksi melalui hotspot, kita akan mudah untuk melakukan panggilan ke mana saja termasuk menerima panggilan telepon masuk.

Mengubah analog
Cara lain yang paling mudah adalah menggunakan perangkat keras yang disebut sebagai Analog Telephone Adaptor (ATA) dan mulai tersedia di pasaran. Produk ATA sebenarnya mengubah telepon analog untuk bisa digunakan sebagai teleponi VoIP sehingga bagi perusahaan yang ingin memanfaatkan kemajuan teknologi VoIP tidak perlu investasi untuk membeli IP Phone, cukup mengubah telepon analog yang ada sekarang menjadi telepon digital dengan perangkat ATA ini.

Ada tiga jenis ATA yang dicoba Kompas dengan fungsi yang berbeda. Ketiga perangkat ini masing-masing Linksys SPA9000-NA (foto bawah tengah), Linksys SPA-3000 (foto kanan atas), dan Sipura SPA-1000 (foto kanan bawah). Sebenarnya ketiga produk ini sekarang sudah menggunakan merek Linksys karena Sipura Technology Inc, sudah dibeli oleh Linksys dan semua produknya sekarang menggunakan merek ini.

Linksys SPA9000-NA adalah sebuah sistem IP PBX yang bisa menghubungi sebuah sistem telepon PBX sampai dengan 16 buah unti perangkat teleponi IP. Memiliki fitur telekomunikasi suara seperti pada perangkat PBX umumnya, SPA9000-NA ini juga memiliki fitur auto-attendant untuk menerima panggilan masuk melalui rekaman suara, konferensi telepon tiga arah, intercom, dan lainnya.

Memiliki dua rongga ethernet untuk koneksi ke dalam jaringan LAN dan WAN, SPA9000-NA ini mampu untuk terkoneksi dalam empat sesi server SIP secara bersamaan. Artinya, perangkat ini secara bersamaan bisa terkoneksi ke VoIPRakyat, GlobalCall, i4te VoIP, dan Gizmo Project, memberikan kemudahan pilihan panggilan teleponi internasional yang murah sesuai dengan tujuan negara yang ingin ditelpon.

Terminasi telepon
Selain memiliki kemampuan untuk mengubah telepon analog menjadi telepon IP, perangkat SPA-3000 juga merupakan perangkat gateway untuk terminasi ke PSTN telepon konvensional. Dengan perangkat ini, seluruh percakapan telekomunikasi bisa dialihkan menjadi percakapan VoIP yang murah.

Misalnya, sebuah perusahaan yang memiliki perangkat SPA-3000 di Surabaya, dan perusahaan di Jakarta ingin menelepon klien yang ada di Surabaya, panggilan telepon Jakarta-Surabaya dilakukan melalui jaringan internet, dan perangkat SPA-3000 akan mampu melakukan panggilan ke nomor telepon Surabaya yang dituju.

Sebaliknya, klien di Surabaya cukup melakukan panggilan ke perangkat SPA-3000 ini di Surabaya dan sambungan koneksi ke nomor PSTN Jakarta dilakukan melalui jaringan internet. Melalui perangkat SPA-3000 ini, panggilan yang dilakukan di Surabaya seolah-olah dilakukan di Jakarta karena perangkat ini terhubung dengan sambungan telepon lokal dengan nomor Jakarta.

Sedangkan perangkat SPA-1000 berfungsi untuk mengubah semua telepon analog merek apa saja untuk menjadi IP Phone melakukan telekomunikasi VoIP. Dengan perangkat ini, perusahaan yang ingin mengejawantahkan teleponi VoIP tidak perlu mengganti perangkat-perangkat telepon yang dimiliki, tapi cukup menambahkan SPA-1000 untuk melakukan teleponi VoIP.

Kehadiran berbagai perangkat VoIP ini memungkinkan siapa saja dan di mana saja untuk melakukan percakapan jarak jauh secara murah, dan bahkan untuk tujuan beberapa negara secara gratis. Keseluruhan lanskap telekomunikasi telah berubah dan tidak ada yang mampu untuk membendungnya. Tidak PT Telkom, Dirjen Postel, dan BRTI sekali pun. (rlp)

Sumber: Kompas.com (edisi cetak)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s