Telepon INTERNET Termurah


telepony.jpgPada suatu masa segelintir orang pernah bermimpi mengenai biaya telepon murah lewat Internet. Kini impian itu sudah mewujud. VoIP (Voice over Internet Protocol) sudah mulai banyak digunakan orang dan sudah mulai memasyarakat. Kita di Indonesia—seperti biasa—masih ketinggalan kereta juga untuk urusan yang satu ini, mulai dari infrastruktur yang belum terjangkau oleh kebanyakan orang sampai dengan aturan main yang sepertinya masih dikendalikan beberapa pihak yang selama ini menganggap dirinya mempunyai hak monopoli di urusan halo-halo ini.

Di tengah berbagai kekurangan yang masih menghadang, berikut dibawah ini artikel yang terkait dengan hal tersebut diatas untuk dijadikan referensi dan diambil kesimpulan bersama bagi kita semua.


VoIP Blaster
Sistem Telepon Internet Termurah

Onno W. Purbo
Penulis Teknologi Informasi

Telepon Internet (VoIP atau Voice over Internet Protocol) menggunakan PC di warnet atau di rumah untuk mem-bypass SLJJ dan SLI adalah cara yang sah, legal dan tidak melanggar hokum serta dapat dilakukan tanpa perlu meminta izin ke Postel maupun Telkom untuk menghemat pulsa SLJJ dan SLI. Hal ini dijelaskan di regulasi telekomunikasi di http://www.postel.go.id. Jadi tidak ada alasan sama sekali bagi aparat, Telkom maupun Indosat untuk menuding dan menangkap pengguna telepon Internet (VoIP) menggunakan PC sebagai pencuri pulsa.

Solusi paling murah untuk melakukan telepon Internet ini adalah menggunakan sound card di PC yang disambungkan ke Internet. Akan tetapi kualitas suaranya biasanya kurang baik karena sound card memang tidak dirancang untuk keperluan telepon Internet. Untuk mencoba saja sound card bisa digunakan untuk telepon Internet (VoIP). Perkiraan total biaya yang dibutuhkan untuk komunikasi VoIP PCto-PC melalui Internet adalah sekitar Rp300 per menit per PC.

Jika anda ingin menggunakan PC untuk menghubungi rekan anda di luar negeri yang menggunakan telepon biasa maka biayanya menjadi Rp300 + hook-off service per menit. Untuk ke Amerika Serikat, hook-off service akan membutuhkan sekitar US$0.15 per menit atau sekitar Rp.1000 per menit. Untuk memperbaiki kualitas suara tersebut diperlukan peralatan tambahan yang mampu melakukan digital signal processing (DSP) dari suara agar dapat dikirim secara baik melalui Internet.

Penulis mensurvei beberapa situs Internet seperti:

  1. http://www.pulver.com/gateway informasi lengkap sekali tentang VoIP.
  2. http://www.quicknet.net PC Card untuk VoIP seharga US$99.
  3. http://www.innomedia.com PC Card untuk VoIP seharga US$99.95
  4. http://www.creative.com Peralatan VoIP melalui USB port seharga kira-kira US$50.

Tampaknya Creative yang juga memproduksi Sound-Blaster yang sangat popular di PC Multimedia telah membuat VoIP Blaster untuk keperluan telepon Internet yang paling murah di antara semua produk yang ada. Peralatan VoIP Blaster ini dirancang untuk sangat memudahkan instalasi di PC. Tidak seperti card PC lainnya, VoIP Blaster menggunakan port USB sehingga sangat mudah pemasangannya. Walaupun di dalamnya adalah teknologi Innomedia (www.innomedia.com).

Dengan adanya kemampuan Digital Signal Processing (DSP) yang superior maka sinyal suara yang di transmisikan melalui Internet dapat dikembalikan ke asalnya tanpa cacat, tanpa echo, tanpa delay seperti yang sering kita rasakan kalau menggunakan VoIP berbasis software menggunakan sound card. Fasilitas lain yang disediakan VoIP blaster ini sama dengan umumnya PC Card VoIP yaitu colokan untuk handset telepon maupun untuk headphone dan mikrofon.

Dalam VoIP Blaster juga sebetulnya tersedia fasilitas voice mail, jadi jika ada pemanggil yang masuk tetapi anda tidak standby maka VoIP blaster ini akan mampu merekam pesan selama tiga menit—tentunya untuk keperluan terakhir ini anda harus memiliki sambungan 24 jam ke Internet dengan IP statik. Dengan peralatan VoIP Blaster maupun PC card, VoIP anda tetap dapat menelepon rekan anda di manapun mereka berada dengan berlangganan ke berbagai hook-off gateway untuk sambungan PC-to- Phone. Beberapa contoh dari hook-off gateway ini adalah http://www.net2phone.com dan http://www.dialpad.com. Anda tidak perlu berlangganan bulanan untuk ini semua, cukup membeli pulsa seperlunya saja, biasanya dengan kartu kredit.

Spesifikasi teknis VoIP Blaster

  1. Full Duplex Audio.
  2. Tidak membutuhkan power supply external.
  3. ITU-T H.323 V2 Voice-over-IP
  4. ITU-T G.723.1 kompresi suara on-board.
  5. ITU-T G.168 On-board echo cancellation
  6. Sambungan yang tersedia ada 3 buah, yaitu USB port connector (v1.1 compatible), sambungan telepon RJ11, dan 2,5 mm hand-free earphone connector.

Spesifikasi komputer yang dibutuhkan

  1. IBM® atau 100% compatible personal computer
  2. Intel® Pentium® atau AMD K6® class processor atau yang lebih tinggi bekerja pada 200MHz atau lebih cepat.
  3. Tersedia USB port (v1.1 compliant)
  4. 32MB sistem memori untuk Windows 98 & Windows Me
  5. 64MB sistem memori untuk Windows 2000
  6. 10MB tempat yang kosong di harddisk.
  7. Microsoft® Windows® 98, Windows Me atau Windows 2000
  8. 8.CD-ROM drive untuk instalasi software
  9. 9.Sambungan Internet minimal 28.8kps (56kps di rekomendasikan).

Sumber: http://www.neotek.co.id/arsip/VolI/0105.pdf

5 comments

  1. tolong klo mau beli voip blaster dimana??
    ada distributor di indonesia dimana tolong konfirm lewat email saya y terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s