Peluang Usaha: Sukses Memulai Usaha Sendiri


Sebelum memutuskan usaha sendiri dari hobi, menurut Mike Rini, konsultan Biro Perencanaan Keuangan Safir Senduk dan Rekan, ada empat hal yang perlu diperhatikan agar usaha tersebut sukses.

  1. Start. Memulai usaha apa pun bentuknya selalu berisiko gagal, kesulitan dana, dan sebagainya. Agar sukses diperlukan waktu, kesabaran, dan kesiapan.
  2. Simple. ”Saya belum punya uang, belum berpengalaman, belum punya tempat’.’ Ungkapan itu sering menjadi alasan untuk menunda sebuah usaha. Untuk memulai usaha tidak perlu sampai semuanya ada. Manfaatkan yang ada dan lengkapi sambil berjalan.
  3. Self. Memulai usaha sering kali perlu bantuan orang lain, seperti dari keluarga, teman, atau bank. Sebelum mendapat dukungan orang lain, kita harus mulai dari diri sendiri. Kita harus yakin bahwa kita akan sukses. Bila sudah yakin dengan diri sendiri, kita akan mudah meyakinkan orang lain.
  4. Satisfy. Modal utama dari sebuah usaha adalah rasa senang. Kita harus menyenangi bisnis yang kita kerjakan. Tanpa rasa cinta, kita akan mudah menyerah ketika harus menghadapi beragam persoalan. Jika kita sudah jatuh cinta pada sebuah usaha, masalah apapun tidak akan mematahkan semangat untuk terus berjuang meraihnya sampai sukses.

Sumber Ide Bisnis

Seseorang sering kali bingung untuk memulai sebuah usaha yang hendak ditekuninya. Padahal banyak cara bisa dilakukan untuk memulai sebuah usaha entah sebagai usaha sampingan atau pokok. Mike Rini, konsultan Biro Perencana Keuangan Safir Senduk dan Rekan menyampaikan beberapa sumber ide untuk memulai usaha sendiri seperti berikut.

  1. Dari pekerjaan dan keterampilan. Pekerjaan yang ditekuni dan keterampilan yang sudah kita miliki merupakan sumber kaya untuk menghasilkan ide-ide bisnis yang tepat. Pekerjaan yang sudah lama ditekuni dan keterampilan yang sudah lama dikembangkan akan membentuk naluri atau insting bisnis. Banyak orang yang memulai usaha sendiri dari pekerjaan yang sebelumnya pernah mereka tekuni.
  2. Dari minat dan hobi. Minat dan hobi cukup efektif untuk membangun keyakinan dan motivasi kuat untuk mandiri. Orang tidak merasa terbebani bila melakukan kegiatan yang ia sukai, terutama yang berkaitan dengan minat dan hobi. Banyak mantan atlet olahraga yang sukses menjadi pelatih, membuka toko olahraga, dan sebagainya.
  3. Dari pengalaman. Pengalaman diri sendiri atau orang lain bisa menjadi guru yang baik dan sumber ide bisnis. Pengalaman buruk sering kali sulit dilupakan, lalu kita akan berupaya mencari cara baru untuk mengatasinya. Cara ini akan membuka peluang munculnya ide yang menarik.
  4. Dari pengamatan. Mengamati sesuatu yang terjadi di sekitar kita bisa menjadi peluang bisnis. Pengamatan ini diperlukan bagi mereka yang ingin mandiri. Identifikasi kebutuhan yang belum terpenuhi sehingga bisa menimbulkan peluang bisnis yang bisa terus dikembangkan.

Sumber:
http://www.republika.co.id/suplemen/cetak_detail.asp?mid=3&id=177390&kat_id=105&kat_id1=149&kat_id2=


www.AsianBrain.com

Klub Bisnis Internet Berorientasi Action

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s