Pemrograman DBASE ADO VB6


Segala kegiatan manusia, baik di dunia pendidikan, bisnis atau politik, tidak lepas dari apa yang namanya informasi. Semua informasi tersebut agar mudah diolah membutuhkan sebuah media yang dikenal dengan nama database. Dan untuk menciptakan suatu aplikasi database, dibutuhkan suatu DBMS (Database Management System).

Visual Basic 6.0 adalah salah satu bahasa pemrograman yang telah menerapkan konsep RAD (Rapid Application Development) atau pengembangan aplikasi secara cepat, berbasis visual dan familiar bagi pengguna. Kini telah disertakan sebuah komponen object model, yaitu ADO (ActiveX Data Object) yang mampu menjembatani aplikasi yang dibuat dengan berbagai database melalui provider OLE DB.

Untuk bisa membuat program aplikasi terapan dalam berbagai bidang, mari kita belajar sama-sama sedikit demi sedikit dengan perlahan tapi pasti dan penuh kesabaran dengan tekad yang kuat untuk BISA, PASTI BISA!

PELAJARAN I
PENGANTAR DATABASE

Apa itu Database?
Jika kita membangun sebuah rumah, kita perlu rancangan yang menunjukan hasil akhir rumah tersebut dan menentukan langkah-langkah pembangunannya. Tanpa rancangan, hasil pembangunannya tidak akan sesuai dengan hasil yang diinginkan.

Demikian pula dengan membuat sebuah aplikasi terapan database, kita perlu rancangan yang baik jika kita menginginkan produk akhir yang baik. Ini sangat penting terutama dalam membuat aplikasi database.

Database itu sendiri pada dasarnya merupakan kumpulan informasi, biasanya dalam urutan tertentu.

Contoh database yang umum ialah buku telepon.

Buku ini berisi kumpulan nama, alamat dan nomor telepon. Akan tetapi, database yang akan kita pelajari adalah database yang disajikan dalam bentuk tabel-tabel yang terdiri atas field dan record.

Field adalah bagian terkecil dari sebuah record, biasanya disajikan dalam bentuk kolom.

Contohnya NAMA pada database buku alamat.

Sedangkan Record adalah kumpulan field-field yang disajikan dalam bentuk baris, seperti NAMA, ALAMAT dan NOMOR TELEPON.

Sebuah tabel dapat dihubungkan dengan tabel lain yang bersesuaian field kuncinya, yang digunakan untuk menghubungkan informasi yang ada pada satu tabel dengan tabel yang lain.

Hubungan ini dalam database dikenal dengan istilah Relasi Tabel (Relationship Table).

Hubungan Visual Basic dan Sumber Database
Microsoft Visual Basic 6.0 merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis visual yang popular dan canggih yang ada di lingkungan Windows. Teknologi akses data yang dimiliki oleh Visual Basic 6.0 yaitu teknologi ActiveX Data Object atau yang lebih dikenal dengan nama ADO.

ADO adalah teknologi terbaru dari Microsoft untuk memanipulasi informasi dari database relasional dan non relasional. ADO mampu mengintegrasikan program aplikasi database yang kita bangun dengan berbagai sumber data seperti Microsoft Access, SQL Server, ODBC, Oracle dan lain sebagainya.

Microsoft ActiveX Data Object (ADO) memungkinkan kita untuk membangun aplikasi client/server yang dapat mengakses dan memanipulasi data dari sebuah server dengan terlebih dahulu menentukan provider OLE DB-nya. Selain itu juga ADO mendukung dalam pembuatan aplikasi berbasis Web.

Keuntungan utamanya adalah mudah untuk digunakan, high speed dan penggunaan memory yang kecil.

Keistimewaan ADO yang lainnya yaitu Remote Data Service (RDS), dimana kita dapat memindahkan data dari sebuah server ke sebuah aplikasi client atau Web page, memanipulasi data dari client dan mengembalikannya ke server.

Dengan adanya ADO, program aplikasi yang dibuat mampu berkomunikasi dengan Object Linking and Embeded Database (OLE DB) yang memungkinkan kita membaca dan mengolah data secara langsung tanpa perlu mengkonversinya terlebih dahulu.

ADO merupakan sebuah Component Object Model (COM) yaitu sebuah komponen interface otomatis yang dapat digunakan dalam beberapa bahasa pemrograman di antaranya Microsoft Visual Basic 6.0, VB Script, Jscript, Visual C++ dan Visual J++. Sebagian besar versi ADO yang ada terpisah dari Microsoft Data Access Component.

Teknologi Akses Data Visual Basic Non-ADO
Pada versi sebelumnya, Visual Basic masih menggunakan teknologi Data Access Objects (DAO) untuk mengakses database. Dulu DAO sering digunakan untuk mengakses database yang dibuat menggunakan Microsoft Access 97.

Permasalahan
Kontrol Data DAO pada Visual Basic 6.0, pada dasarnya dirancang untuk mesin database Jet 3.51, yaitu Microsoft Access 97. Namun sekarang ini database Microsoft Access telah ditingkatkan dengan dikeluarkannya Microsoft Access 2000 dan XP dengan mesin Jet 4.0. Kontrol Data tersebut tidak mampu menangani hubungan koneksi dengan database mesin Jet 4.0 atau pun jenis lainnya.

Pesan kesalahan yang akan tampil jika kita menggunakan Kontrol Data dengan pengaturan pada windows property record source dengan database bermesin Jet 4.0, terlihat seperti berikut:

“Unrecognized database format C:\DATA\Biblio2000.mdb”

Pesan kesalahan di atas muncul karena adanya perbedaan pada mesin database yang digunakan. Microsoft Access 97 dibuat dengan menggunakan mesin database, yaitu Jet.3.51/3.6. sedangkan Microsoft Access 2000 menggunakan mesin database Jet 4.0.

Kemampuan yang dimiliki DAO, yaitu control Data standart pada Visual Basic hanya untuk mengakses mesin database dengan Jet 3.51/3.6 bukan Jet 4.0.

Penyelesaian dengan ADO
Permasalahan di atas terjadi karena perbedaan pada mesin database, dan dapat ditangani jika kita menggunakan ADO, yaitu dengan menambah control tambahan Adodc (ActiveX Data Objects Data Control) sebagai interface untuk mengakses database, baik itu database yang dibuat dengan Microsoft Access, SQL Server, Oracle dan lain sebagainya.

eBook Gratis!!!

Dasar Pemrograman Visual Basic

Dasar Pemrograman Database pada Visual Basic dengan DAO

Dasar Pemrograman Database pada Visual Basic dengan ADO

Memahami SQL Statement

Pemanfaatan DataGrid dan TrueDBGrid pada VB

Pemanfaatan Crystal Report pada Visual Basic

Pemanfaatan Data Report pada Visual Basic

Database SQL Server pada VB

Database Firebird Server pada VB


14 comments

  1. Satu lagi ‘penampakan’ baru yang terjadi pada blog Anda. Selain tampilan yang kian menarik, kini tampil lagi ‘penampakan’ baru yang amat sangat berguna bagi pengguna komputer khususnya user yang ingin belajar bahasa pemrograman Visual Basic, ‘penampakan’ itu berupa TUTORIAL. Salut buat Anda. Semoga ‘penampakan’ baru ini dapat berguna bagi para user dan Anda bisa menyajikannya dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti. Saya amat berharap tutorial ini dapat berjenjang, maksudnya dari tinggal pemula (beginner) maupun tingkat akhir (advance).

    Terimakasih atas kunjungan dan komentar Moeh, semoga dapat terjalin hubungan baik lebih lanjut. WebLog ini memang merupakan obsesi saya untuk bisa berbagi memberikan banyak manfaat walaupun masih banyak keterbatasan disana-sini, yang tentunya dengan tujuan bisa tumbuh berkembang sesuai harapan. Semoga…. .🙂

  2. Salut buat Mr.Zie yang dengan susah payah akhirnya tercipta juga suatu karya perdana yang mudah2-an akan terus berkembang sesuai kebutuhan zaman.
    adios amigos….

    Terimakasih atas kunjungan dan komentar Ottobez, semoga bisa terjalin hubungan baik lebih lanjut. So pasti tentunya saya akan berusaha sesuai dengan visi dan misi saya selama hayat masih dikandung badan untuk selalu tumbuh dan berkembang, sehingga menjadikan hidup ini lebih hidup. Mari kita belajar bersama-sama menekuni ilmu pengetahuan yang memang menjadi minat kita untuk kemajuan bersama.🙂

  3. Pertanyaan perdana saya cukup singkat saja, Bisa gak kalo kita mau menulis sebuah artikel di situs ini ? Kalau bisa bgm caranya ? Sebab mungkin saja diantara kita ada yg punya artikel baru dan menarik seputar lingkup IT disamping menambah wahana di situs ini….

    Dengan senang hati dan berlapang dada, so pastinya saya akan menerima segala saran dan kritik membangun dari semua pihak tanpa terkecuali. Mengingat tak ada gading yang tak retak dan tak ada manusia yang sempurna…. silahkan layangkan artikel dalam format file ms.word yang akan di post ke weblog ini via email japri mrzie3r@yahoo.com. 🙂

  4. Hebat, hebat. akhirnya ada insan yg mau bergerak, semoga anda terus diberikan kesehatan, agar selalu bisa posting ilmu-ilmu komputer, saya sedang belajar bahasa pemrograman vb6, mohon bimbingannya ya?

  5. Pembahasan tentang vb dan ado ini sangat membantu, saya harap terus dikembangkan lebih detil lagi untuk lingkungan kerja multi user.

    Salam

  6. saya ingin menampilkan 1 record field di tabel lain(tabel1) pada tabel lainnya(tabel 2) gimana ya caranya?? Kemudian gimanana membuat file baru dari indeks file sebelumnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s