Belajar Mandiri BAHASA INGGRIS (01)


Semakin canggihnya sarana telekomunikasi dan telah terbukanya pasar bebas dalam perdagangan dunia di era globalisasi dewasa ini, menjadikan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi aktif antar bangsa di dunia, semakin dibutuhkan oleh Kita. Bahasa Inggris selain sebagai alat komunikasi juga terutama sekali sebagai sarana transfer ilmu pengetahuan dan teknologi.

Menyadari hal tersebut, mari kita BELAJAR MANDIRI BAHASA INGGRIS dengan tujuan seperti tersebut diatas dan untuk mengatasi keluhan bagi kita yang sudah bertahun-tahun mempelajari bahasa Inggris tetapi belum juga dapat menguasainya dan bagi kita yang memang baru dan mau belajar bahasa Inggris.

SYARAT-SYARAT
Apakah kita merasa sulit belajar bahasa Inggris? Mari kita bersatu padu membantu diri sendiri dengan tekad penuh untuk BISA, PASTI BISA! Tahukah kita, bahwa tanpa menguasai bahasa Inggris, langkah-langkah kita akan terhambat untuk meraih sukses di masa depan?

Pada dasarnya, bahasa Inggris tidak sulit, hanya saja kita memerlukan metode dan kiat-kiat khusus ketika mempelajarinya. Jangan lupa, ada beberapa syarat yang harus kita penuhi:

  1. Sediakan kamus bahasa Inggris yang cukup lengkap disertai cara baca.
  2. Sediakan jam belajar rutin ditambah jam belajar disetiap kesempatan. Sedikit waktu belajar lebih baik daripada tidak sama sekali.
  3. Hafalkan perbendaharaan kata sebanyak-banyaknya, terutama kata kerja.
  4. Pergunakan ungkapan-ungkapan yang akan kita pelajari dan hafalkan dalam percakapan sehari-hari bersama rekan-rekan kita. Ingatlah, bahasa Inggris memerlukan ketrampilan praktis!

PELAJARAN 1, Pengertian Kalimat
Apakah ada suatu cara paling mudah untuk menguasasi bahasa Inggris? Ya, tentu saja ada.

Caranya bagaimana? Pelajari tata bahasa, hafalkan kosakata dan banyak ungkapan, sering mendengarkan percakapan dalam bahasa INggris, dan banyak berlatih.

Dari mana kita mesti memulai belajar? Kita harus memulai dari hal paling pokok yaitu kalimat. Kalimat adalah satuan utama tata bahasa, yang terdiri dari serangkaian kata yang menyatakan suatu arti atau suatu pikiran yang lengkap.

Apa contohnya? Misalnya sebagai berikut:

  1. She died. (Dia meninggal).
  2. I believe you. (Saya percaya kepadamu).
  3. I have a class this afternoon. (Saya ada pelajaran siang ini).
  4. The weather is warm and sunny here. (Cuaca di sini hangat dan penuh sinar matahari).
  5. The basic ingredients are sticky rice, coconut milk, eggs and sugar. (Bahan- bahan utamanya adalah ketan, santan, telur dan gula).

Mari kita lihat:
Contoh kalimat pertama (a) She died.

Kalimat ini amat sederhana, hanya terdiri dari dua kata, tetapi sudah dapat menyampaikan suatu arti atau suatu pikiran yang lengkap, yakni: Dia meninggal. Kalimat ini tersusun atas subjek dan predikat. Kalau kita uraikan dengan garis menjadi:
She (S) | died (P)
She termasuk jenis kata benda ditambah died yang termasuk jenis kata kerja.

Contoh kalimat kedua (b) I believe you.

Kalimat ini memiliki susunan yang lebih lengkap, karena sudah tersusun atas subjek, predikat dan objek:
I (S) | believe (P) | you (O)

Kalimat yang ketiga © memiliki susunan yang sempurna, karena sudah tersusun atas subjek, predikat, objek dan kata keterangan:
I (S) | have (P) | a class (O) | this afternoon (K)

Subjek (S) menunjukkan si pelaku pekerjaan, predikat (P) menunjukan macam pekerjaan yang dilakukan oleh subjek, objek (O) menunjukan sesuatu yang dikenai pekerjaan, dan kata keterangan (K) menunjukan waktu; juga tempat; dan cara pekerjaan itu dilakukan.

Kalimat yang keempat (d)

The weather is warm and sunny here dan

kalimat yang kelima (e)

The basic ingredients are sticky rice, coconut milk, eggs and sugar, tidak menerangkan suatu pekerjaan. Karena itu, kedua kalimat tadi hanya menggunakan kata kerja bantu atau kata kerja to be yaitu is dan are.

Kata kerja is didalam kalimat (d) berfungsi sebagai penghubung subjek the weather (cuaca) dengan predikat warm and sunny (hangat dan penuh sinar matahari), kemudian ditambah kata keterangan here (disini). Kata kerja are dalam kalimat (e) berfungsi sebagai penghubung subjek the basic ingredients (bahan-bahan utamanya) dengan predikat sticky rice, coconut milk, eggs and sugar (ketan, santan, telur dan gula).

Jadi, apa yang menjadi titik utama pada pembahasan “Pengertian Kalimat” diatas?

Titik utamanya begini.

Agar memudahkan pemahaman, perlu sekali kita ingat bahwa kalimat bahasa Inggris harus selalu dilengkapi dengan kata kerja.

Walaupun untuk suatu kalimat yang tidak menerangkan suatu tindakan pekerjaan?

Tepat sekali. Hanya saja, masing-masing kalimat harus menggunakan jenis kata kerja yang berbeda. Kalimat yang menerangkan suatu pekerjaan, predikatnya harus menggunakan kata kerja asli atau kata kerja utama. Kalimat yang tidak menerangkan suatu pekerjaan, predikatnya hanya menggunakan kata kerja bantu atau kata kerja to be.

Jadi, kesimpulannya, pada kalimat bahasa Inggris, kata kerja untuk suatu predikat dibedakan menjadi dua macam: (1) kata kerja asli dan (2) kata kerja bantu.

Berikut ini contoh kalimat menggunakan kata kerja asli.

  1. He became ill. (Ia menjadi sakit).
  2. I beg your pardon. (Saya minta maaf).
  3. He committed theft. (Ia melakukan pencurian).
  4. I saw her there not long ago. (Saya melihatnya di sana belum lama berselang).
  5. I abhor her laziness. (Saya benci akan kemalasannya).

Berikut ini contoh kalimat menggunakan kata kerja bantu.

  1. She is an American by birth. (Dia orang Amerika asli).
  2. I am all right now. (Saya sudah sehat sekarang).
  3. They are related. (Mereka kakak beradik).
  4. It is about eight o’clock. (Sekarang kira-kira pukul delapan).
  5. I am okay. (Keadaan saya baik-baik saja).
  6. You are twenty minutes late already. (Kamu sudah dua puluh menit terlambat)

Keenam contoh kalimat kelompok kedua: Dia orang Amerika asli, Saya sudah sehat sekarang, Mereka kakak beradik, Sekarang kira-kira pukul delapan, Keadaan saya baik-baik saja, Kamu sudah dua puluh menit terlambat, menurut bahasa Indonesia tidak memiliki kata kerja, yaitu kata kerja bantu is, am, dan are. Kata kerja bantu is, am, are merupakan kata kerja perangkai karena disini berfungsi untuk menrangkaikan atau menghubungkan subjek: she, I, they, it, dan you dengan predikat American, all right, related, eight o’clock, okay dan twenty minutes.

Mungkin ada tambahan lain?

Lebih jelas begini saja, dari keterangan dan contoh yang diberikan diatas, dapat kita simpulkan bahwa sebuah kalimat sedikitnya harus terdiri dari dua unsur utama, yakni subjek dan predikat. Unsur subjek ditempati oleh kata benda atau dapat juga oleh kata ganti. Unsur predikat ditempati oleh kata kerja. Ingatlah, kata kerja dibedakan menjadi dua macam: kata kerja asli dan kata kerja bantu. Kemudian selain unsur subjek dan unsur predikat, dalam kalimat masih terdapat unsur-unsur lain yang memberikan keterangan pada unsur utama dalam kalimat. Unsur-unsur ini umumnya dinamakan unsur subordinatif atau pewatas. Contohnya: an, by, now, late dan already yang terdapat dalam kalimat-kalimat diatas.

PELAJARAN 2, Kata Ganti
Stop dulu.

Bisa dijelaskan sedikit pengertian unsur subordinatif atau pewatas yang tadi kita sebutkan? Unsur subordinatif atau pewatas sebenarnya sudah tergolong ke dalam jenis kata sifat yang pada umumnya menerangkan sifat, rupa, atau keadaan suatu benda mati, binatang, ataupun manusia. Namun, karena tidak memiliki ciri-ciri kata sifat, pewatas dibedakan dan digolongkan dalam jenis tersendiri. Pewatas hanya bertugas menentukan serta membatasi kata benda: menunjukkan benda mati, binatang, juga manusia; dan menentukan hal yang mana dan berapa banyak jumlahnya. Sebenarnya unsur subordinatif atau pewatas ini akan kita pelajari lebih terperinci pada pelajaran yang akan datang, Pelajaran yang sedang kita pelajari ini juga akan bersambung ke sana.

Okay, terserah.

Sekarang kita harus mempelajari apa lagi?

Kata ganti. Ini juga perlu sekali kita pelajari. Ingat, kata ganti dalam bahasa Inggris mengalami perubahan bentuk sesuai dengan jabatan dan posisinya. Ada yang menjadi subjek, menjadi objek, menjadi milik sifat, menjadi milik objek dan diri. Mari kita lihat uraian berikut ini:
A. Tunggal
Kata ganti Saya = I (S), me (O), my (MilikSifat), mine (MilikObjek), myself (D)
Kata ganti Kamu = you (S), you (O), your (MilikSifat), yours (MilikObjek),
yourself (Diri)
Kata ganti Dia (pria) = he (S), him (O), his (MilikSifat), his (MilikObjek),
himself (Diri)
Kata ganti Dia (wanita) = she (S), her (O), her (MilikSifat), hers (MilikObjek),
herself (Diri)
Kata ganti Dia (netral) = it (S), it (O), its (MilikSifat), its (MilikObjek),
itself (Diri)

B. Jamak
Kata ganti Kami = we (S), us (O), our (MilikSifat), ours (MilikObjek),
ourselves (D)
Kata ganti Kalian = you (S), you (O), your (MilikSifat), yours (MilikObjek),
yourselves (Diri)
Kata ganti Mereka = they (S), them (O), their (MilikSifat), theirs (MilikObjek),
themselves (Diri)

Agar lebih jelas bagaimana kabatan kata ganti ini, berikut ini contoh-contoh kalimatnya.
Saya = I
(S) = I have no regard for them (Saya tidak menghargai mereka).
(O) = Give the key to me. (Berikan kunci itu kepadaku).
(MS) = My English is poor. (Bahasa Ingris saya buruk).
(MO) = This dictionary is main. (Kamus ini kepunyaanku).
(D) = I can look after myself. (Saya dapat menjaga diri saya)

Disini dapat dilihat kata ganti saya (I) mengalami perubahan bentuk sesuai dengan jabatan dan posisinya. I menjadi me, my, mine, dan myself. Kemudian yang betul-betul harus kita perhatikan adalah posisi kata ganti milik sifat (MS). Disini kata ganti harus ditempatkan didepan kata benda yang dimilikinya. Menurut kelaziman bahasa Indonesia diucapkan: Bahasa Inggris saya, tetapi menurut bahasa Inggris diucapkan: My English (Saya bahasa Inggris). Jadi, kata my mendahului kata English.

Kamu = You
(S) = You in the corner; come here!. (Kamu yang dipojok; kesini!)
(O) = Does this camera belong to you?. (Apakah kamera ini milikmu?)
(MS) = Dou you like your new job?. (Apakah kamu menyukai pekerjaan baru kamu)
(MO) = Is it yours?. (Apakah ini punyamu?).
(D) = Make yourself at home. (Anggaplah dirumahmu sendiri).

Dia Pria= he
(S) = He said he used to live in Miami. (Dia mengatakan dia dulu tinggal di Miami).
(O) = The coat is very becoming on him. (Jas itu pantas betul padanya).
(MS) = I’m his wife. (Saya istrinya).
(MO) = That girls is a daugther of his. (Gadis itu anak perempuannya).
(D) = He did it himselt. (Dia sendiri yang mengerjakannya).

Dia Wanita= She
(S) = She has blond hair. (Dia berambut pirang).
(O) = Please give her my regards. (Tolong sampaikan salam saya kepadanya).
(MS) = I’m skeptical of her story. (Saya meragukan keterangannya).
(MO) = Your body is larger than hers. (Badanmu lebih besar dari badannya).
(D) = She herself said to. (Dia sendiri mengatakan begitu).

Dia Netral= it
(S) = It is Wednesday, isn’t it?. (Sekarang hari Rabu bukan?).
(O) = Fill a glass of water and dissolve this tablet in it. (Isilah gelas dengan air dan larutkan tablet ini didalamnya).
(MS) = The chimpanzee eats its feed. (Simpanse itu memakan makanannya).
(MO) = This pacifier is its. (Dot ini punya dia).
(D) = The toy duck runs around by itself. (Bebek mainan itu berlari-lari dengan sendirinya).

Kami = we
(S) = We’ve moved to London. (Kami sudah pindah ke London).
(O) = Did he see us?. (Apakah dia melihat kita?).
(MS) = Our main export is rice. (Ekspor utama kami beras).
(MO) = Their house is similar to ours. (Rumah mereka mirip dengan milik kami).
(D) = We did the cooking ourselves. (Kami sendiri yang memasak).

Mereka = they
(S) = They leave from Tbilisi. (Mereka berangkat dari Tbilisi).
(O) = We plan to visit them. (Kami bermaksud mengunjungi mereka).
(MS) = Those children are old for their years. (Anak-anak itu tampaknya tua untuk umur mereka)
(MO) = Is that drugstore theirs? (Apakah apotek itu kepunyaan mereka?).
(D) = They always fight among themselves. (Mereka selalu bertengkar diantara mereka sendiri).

Ingat-ingat selalu bahwa kalimat bahasa Inggris dilengkapi dengan kata kerja meskipun kalimat itu tidak menerangkan tindakan pekerjaan. Selain itu, kata ganti bahasa Inggris mengalami perubahan ejaan mengikuti posisi dan jabatannya.🙂

Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah



www.AsianBrain.com

9 comments

  1. SAYA BINGUNG BAGAIMANA MENEMPATKAN DOES, DID DAN DO. TOLONG DONG AJARI SAYA

    terima kasih ya,,,,

  2. terimakasih atas penjelasanya. oh ya, kalau bisa bahan pelajaranya tolong dong dikirim ke alamat email saya. saya tertarik sekali untuk belajar bahasa inggris, namun saya tidak memiliki banyak bahan pelajaran. bisakah anda membantu saya..???

    Terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s