Instalasi LINUX MANDRIVA 2007


Mandriva 2007 di Axioo NS 658i

mandriva2007.jpgMandriva 2007 telah dapat didownload pada awal Oktober 2006 yang lalu. Seperti biasanya Mandriva selalu datang lebih cepat dibandingkan dengan linux distro lain. Strategi ini berguna untuk meningkatkan popularitas sesaat dengan cepat. Padahal sesuatu yang lebih cepat belum tentu baik seperti halnya Mandriva 2006 dengan paket software yang ketinggalan jaman dibanding Fedora 5 ataupun Suse 10.01.

Namun demikian Linux Mandrake yang sekarang dikenal dengan Mandriva merupakan linux yang paling mudah dipelajari bagi saya sejak mengenal linux dulu. Kemudahan instalasi, manajemen kontrol yang intuitif dan bersahabat sudah menjadi ciri khas linux distro ini.

Kali ini Mandriva 2007 datang dengan paket software terbaru seperti 2.6.17 kernel, KDE 3.5.4, and GNOME 2.16. Sayangnya beberapa hari kemudian OpenOffice dan Mozilla Firefox mengeluarkan versi terbarunya yaitu OpenOffice 2.04 dan Firefox 2. Namun dua software itu bisa diinstall dengan mudah dibandingkan harus mengupgrade kernel ataupun desktop manager seperti KDE dan GNOME.

Beberapa review tentang Mandriva 2007 dapat dibaca di situs-situs ini :

Mandriva 2007: Back in the race

Mandriva 2007 Review

Mandriva Linux 2007: Look no further for the best of Linux

mandriva200701.jpgAwalnya saya mencoba versi download gratis Mandriva 2007 (DVD) yang dijual oleh distrolinux.net. Saya menginstalnya di notebook Axioo NS 658i.

mandriva200702.jpgTidak ada masalah yang berarti dalam proses instalisasi, hanya saja pada saat setting konfigurasi grafik card dan monitor saya memilihnya secara manual karena Mandriva 2007 tidak bisa mengenali dengan benar grafik card yang ada dalam NS 658i. Saya memilih Intel 945 dan monitor Flat Panel 1280×800. Untunglah tidak terjadi blank screen sehingga saya dengan sukses masuk ke desktop manager.

mandriva200703.jpgTampilan KDE 3.5.4 dan GNOME 2.16 memang lebih baik dan lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Saya tidak tahu apakah karena pengaruh spesifikasi notebook saya yang menggunakan Intel dual core dan memori DDR 2. Namun sangat terasa sekali perbedaannya, saya dapat membuka berbagai aplikasi dengan cepat dan bahkan dalam waktu bersamaan. Perkecualian bagi aplikasi kontrol-kontrol sistem mandriva yang masih terasa lambat bagi saya.

Seperti yang pernah saya ungkapkan dalam postingan saya sebelumnya di Axioo NS 658i : Notebook Ekonomis, Ramping dan Multifungsi. Penggunaan OpenOffice Writer dengan browser Firefox dan juga pemutar musik Amarok masih terasa ringan dan lancar. Driver untuk Bluetooth, Firewire, LAN 10/100 MB, dan juga Intel PRO/Wireless 3945ABG dapat dikenali dengan baik oleh Mandriva 2007.

Namun ketika saya mencoba aplikasi internet wifi, saya tidak berhasil menjalankannya. Ada peringatan bahwa drivernya tidak tepat dan saya disarankan untuk mencarinya di komunitas mandriva.

Saya mencoba Mandriva 2007 PowerPack+ yang merupakan versi komersial dari Mandriva. Saya pun menginstall ulang linux saya, perbedaannya yang menonjol hanya background saat instalasi yang berwarna hitam dan juga paket-paket software pihak ketiga yang disertakan seperti Kaspersky, Bit Defender, Cendega, dan LinDVD.

Aplikasi wifi pun berhasil berjalan dengan baik tanpa masalah. Selain itu saya juga berhasil menggunakan Nokia 2112 dan Fren untuk mengakses internet di Mandriva 2007 dengan KPPP. Hanya anehnya akses internet menggunakan kabel data CA 42 original malah lebih lambat dibandingkan dengan menggunakan kabel DKU 5 yang palsu.

Sebulan lebih saya bekerja dengan Mandriva 2007 di NS 658i. Saya belum menemui masalah berarti selain driver modem internal yang sampai sekarang belum terdeteksi juga, pembaca kartu memori eksternal dan aplikasi bluetooth untuk Sony Ericsson K618i yang belum bisa digunakan secara optimal.

Software-software portable di Flash Disk saya masih dapat digunakan berkat aplikasi Wine (Windows Emulator), yaitu Firefox 2 Portable, FileZilla Portable, Thunderbird 1.5.05 Portable, Opera 9 USB, OpenOffice Portable, VLC Portable, FoxitReader, LockNote dan Cport.

Beberapa software portable yang tidak jalan atau error yaitu KeePass (ada versi linux tersendiri), Essential PIM, GreatNews, Notepad++, GIMP portable, Gaim Portable, K-Meleon Pocket dan Essential PIM.

Bagaimana kecepatan Mandriva 2007 di Axioo NS 658i? Baiklah saya mencoba melakukan pengukuran dengan stopwatch.

mandriva200704.jpgStart Up

Tulisan LILO sampai Menu Login = 30,8 detik dengan 37 sistem service yang dijalankan pada saat booting.

Login sampai KDE terbuka semua = 17,5 detik

Dari tombol power on dinyalakan sampai KDE terbuka semua memerlukan waktu 59,5 detik atau hampir 1 menit.

Hibernate

Tombol Hibernate ditekan sampai komputer mati = 23,2 detik

Pemulihan hibernate dari tombol power on sampai KDE pulih seperti sedia kala adalah 31,5 detik

Shutdown membutuhkan waktu 30,6 detik.

Hasil penghitungan diatas kemungkinan tidak jauh beda dengan Windows XP. Mandriva 2007 dengan KDE 3.5.4 mungkin sudah bisa bersaing dengan Win XP. Beberapa tampilan dan perilaku KDE sudah sangat mirip dengan Win XP, bahkan Win XP tersaingi dengan adanya efek 3D Desktop pada Mandriva 2007. Efek 3D Desktop ini menurut saya sangat lucu, berdenyut-denyut kemudian muncul tiba-tiba, lalu jendela tiba-tiba bermanuver dengan bagus. Keren! Tapi saya belum terbiasa dengan efek seperti ini sehingga saya matikan saja efeknya.

Ada yang sudah mencoba menginstal Fedora 6 Zod di Axioo NS 658i?

Social Bookmark This Articles :

del.icio.us ma.gnolia StumbleUpon Yahoo MyWeb

Possibly Related Articles :

Ubuntu 6.10 Edgy Eft di Axioo NS 658i

WinPatrol Scotty : Anjing Penjaga Windows dari Penyusupan Virus Komputer

Axioo NS 658i : Notebook Ekonomis, Ramping dan Multifungsi

Akses Internet CDMA di Mandriva 2007 dalam Axioo NS 658i

Kingston U3 Data Traveler Smart USB Flash Driv

Hindradi Says:

Kenapa para vendor hardware belum mau mendukung linux secara serius. Sebenarnya tak ada ruginya, toch alat dia dibeli juga. Apa mereka menganggap Linux ilegal….atau mereka masih picik….

Masih banyak manusia yang bersikap kekanak-kanakan.

Bukankah di eropa microsoft sudah digugat habis. Apa mereka gak denger..alias kuper….

Memasarkan barang harsnya kemana saja, tidk harus kepada masyarakat tertentu..

Viva Linux….

kenz Says:

Saya setuju sekali, memang seharusnya para vendor hardware tidak hanya memberikan driver Microsoft tetapi juga menyediakan driver-driver untuk linux. Saya juga tidak tahu kenapa sampai saat ini hanya sedikit vendor hardware yang menyediakan driver linux. Apakah karena variansi linux yang begitu banyak, ataukah kesulitan dalam menginstallnya? Yang jelas sudah seharusnya para vendor hardware menyertakan driver dari berbagai macam OS, tidak hanya Microsoft. Terkecuali, mungkin mereka dibayar oleh Microsoft untuk membuat driver windows saja.

erya Says:

saya ada masalah dengan mandriva 2007 powerpack+ saya, yaitu printer cannon pixma 2200 dan scanner cannonlide25 saya tidak dapat dipakai. printernya ke-detect tapi drivernya tidak ada. saya sudah cari-cari drivernya di internet tapi tidak ketemu. gimana ya ngatasi masalah ini? padahal saya suka pake linux, terutama Mandriva 2007 powerpack+. mohon bantuannya? terima kasih….

indarto Says:

kok susah sekali menginstall webcam dan canon ip1200 di mandriva. gimana ya cara menginstal JRE untuk open office

Kenz Says:

mandriva memang enaknya pakai printer epson, drivernya cukup lengkap dibandingkan canon…. ya seperti yang saya sesalkan mengapa vendor2 tidak memberikan driver buat linux? untuk menginstal JRE.. bukannya sudah paketan sama OOffice.

saya Says:

semoga belum telat. ini u/ install JRE.

http://www.linuxquestions.org/…..p?t=516089

setyo Says:

saya baru aja pake Mandriva 2007, keren…walopun cm ngetest2 linux aja…masih nyaman pake XP bajakan…moga2 cepet2 nyaman pake mandriva.

tapi saya ga ngerti versi yg mana, saya donlot dari iso-nya UGM.ada di info.ugm.ac.id, kalo lg nge-wifi diugm, donlot aja.skalian priksain donk itu versi mandriva yg mana?mbakarnya 4cd.

kenz Says:

@Setyo

hehehe.. aku juga sering download dari info.ugm.ac.id, di jaringan kampus UGM download 1 Giga cuma 10 menit kalo pagi. Jadi dapat dipastikan bahwa Mandriva mu itu Mandriva versi Free dengan background warna biru dan ada tulisannya FREE ya?

Setyo Says:

ya..itu dia…heheheee..makasi ya…

toni as Says:

Wah jadi pingin coba juga nih. Saya juga pake Axioo, tp blm yg Dual Core, cuma Pentium M 735 (Centaur SL758). Sekarang ini sudah terinstall OpenSUSE 10.2. Ada 3D-Desktop juga. Sekarang lagi download Mandriva 2007.

Choirul Ichsan Says:

Saya baru mau belajar dan sudah Install Linux Mandriva 2007 yang Free dan saya pake koneksi internet dengan Wireless LAN D-Link DWL G520 AirPlus ExtremeG. Yang mau saya tanyakan adalah :

1. Kenapa card Wireless D-Link saya ga ke detect

2. Caranya biar ke detect gimana?

3. Caranya Install Driver D-Link tersebut gimana?

4. Saya sudah download di internet tapi ga bisa Installnya hehehe

Mohon Penjelasan

Thx

Kenz Says:

@Choirul

1. ga kedetect karena belum terinstall drivernya.

2. supaya kedetect mesti install drivernya

3. cari tau di google, atau baca readme nya driver tsb

4. ya.. baca readme-nya ;))

zen_zen Says:

saya mau nanya distro mandriva yg powerpack+ list paketnya bisa dilihat dimana, saya butuh yg bisa buat server admin sekalian seperti webmin dan berbagai app servernya…

saya juga mau tanya ttg akses wifi di mandriva 2007 free. kenapa saya selalu gagal mendaptkan IP. padahal saya sudah mengeset IP ke DHCP. koneksi yg saya pakai di ITB. —> saya memakai card MSI rt61. untuk drivernya saya memakai driver bawaan yg untuk windows, dengan memakai perantara “ndiswapper” jaringan terbaca, tapi IP tidak bisa dapat… sudah nanya ke admin-nya tapi dia nggak ngerti, padahal kalau saya pakai ubuntu tidak ada masalah.

kenz Says:

@zen-zen

Listnya hampir sama dengan Mandriva2007 Free , hanya saja ditambahkan repositories lengkap dari Mandriva Club dan juga beberapa komersial software. Daftar Mandriva Powerpack+ memang gak ada di internet.

Btw saya lancar-lancar saja tuh akses pake Wifi di hotspot Psikologi UGM, pake DHCP secara otomatis, langsung terkoneksi ke AP. Sudah setting di Mandriva Control Center >> Network >> Wirelles Network

zen_zen Says:

saya sudah mengeset semua yang perlukan, tetapi tetap unti saya tidk berhasil mendapatkan IP. seperti yang saya bilang sebelumnya koneksi terbaca. bahkan sanagat baik, yg gagal adalah mendapatkan IP melalui DHCP server di comlabs ITB. ini anehnya klo memakai ndiswraper di ubuntu malah berhasil.

klo gitu boleh nanya paket lengkap utuk webmin, apache, BIND, DHCPD dll nya sudah ada blom, soalnya di versi free, banyak yang tidak jalan dngan baik. seperti ada BIND tapi tidak ada NAMED. ada DHCPD tapi server-nya tidak mau jalan.

klo boleh bisa bikinin list app nya bisa nggak ?? saya mau minta tolong bisa dikirim ke email saya? untuk pertimbangan saya untuk membeli powerpack+ ini.

Kenz Says:

@zen_zen

mm.. cara bikin listnya gimana.. banyak banget lho… kan ada 2DVD..

saya pake powerpack+ lancar2 saja, memang lebih lengkap.

kalo punya koneksi bagus… download powerpack+ disini aja :

http://info.ugm.ac.id/iso/mandriva/

*ini jaringannya FO UGM, saya dengar jalur ITB-UGM sudah cepat melalui FO DIKTI.

WONG@MANGLI Says:

SAYA PENGGUNA MANDRAKE SAMPEK SEKARANG MENJADI MANDRIVA 2007 GIMANA CARANYA INSTALL SOFT WARE YANG BEREKSTENSI TAR.GZ, KALO .RPM MUDAH TINGGAL DOUBLE KLIK JADI DEH? TAPI .TAR.GZ SAYA TETAP GOBLOG WALAUPUN SUDAH BERLINUX MANDRIVA LAMA….TOLONG BANTUAIN KITA MAS, AJARI AKU YA….SAYA SUDAH KADUNG CINTA MADRIVA DARI PULUHAN DISTRO YANG KU COBA…..KALO DIJAWAB DI BLOG KU TRIMAKASIHKU SETARA AIR LAUT KIDUL, POKOKNYA TANKYOU BANGET……….

chichy Says:

ada yang bisa bantuin instal printercanon ip1200 di mandriva, trus kalo boleh disebarluaskan biar gampang nyarinya trutama yg baru migrasi. Thanks

heru Says:

aku mau url untuk download bind untuk mandriva 2007 donk. thank’s ya

kenz Says:

@wong@mangli

Pak. terkadang setiap tar.gz itu punya konfigurasi tersendiri, jadi gak bisa asal install, tapi mesti baca readme-nya terlebih dahulu. Disitu nanti ada langkah2 petunjuknya, harus ngapain aja, termasuk melakukan compile program.

@chichy dan heru

wah.. duh.. saya dah pindah agama ke ubuntu ;)) jadi gak bisa bantu nih..

Ubuntu 6.10 di Axioo NS 658i

Sumber: http://blog.kenz.or.id/2006/11/06/mandriva-2007-di-axioo-ns-658i.html

9 comments

  1. Sy adlh pengguna baru linux mandriva 2007,ay seorang pelajar smk.sy berniat untuk membuat suatu koneksi jaringan lwan dengan menggunakan AP.dengan server menggunakan mandriva diatas untuk itu sy memerlukan buku panduan untuk mensetting jaringan tersebut.saya harap anda dapat membantu saya untuk memberikan beberapa contoh cara instalasinya dengan mengirimkan ke alamat E-Mail sy (win_access_ok@yahoo.com).Trims

  2. maZ,,,
    klo lagi instal trus ada tulisan “FATAL ERROR”
    ,,itu bgimana ,,,,mohon pencerahanny maZ,,

    klo bisa Email sY (toromailadd@yahoo.com)

    THNX BNYK,,,,,

  3. Tolongin deh gw mau belajar linux nyobain install di Axiooku NVE758E sulitnya ampun2 deh
    itupun CD bawaannya mungkin bs beri solusi setiap masukin cd selalu hang mungkin ada yg salah dng Axiooku ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s