Oracle Database


Jika kita ingin ahli dalam suatu bidang , pelajari dulu ilmu dasarnya. Pernyataan tersebut berlaku untuk semua bidang keahlian.

Jika kita ingin menjadi Oracle Database Administrator (DBA) atau Oracle Programmer (Developer), maka ilmu dasar yang harus kita kuasai adalah perintah SQL dan pemahaman tentang konsep database Oracle.

Database Relasional adalah salah satu konsep penyimpanan data.

Sebelum konsep database relasional muncul, sudah ada dua model database yaitu Network Database dan Hierarchie Database. Teori database relasional dikemukakan pertama kali oleh Dr. E.F. Codd dalam makalah ilmiah yang berjudul ”A Relational Model of Data for Large Shared Data Banks”, yang di publikasikan dalam Communications of the ACM (Association for Computing Machinery) Vol.13, No.6, June 1970.

Dalam database relasional, data disimpan dalam bentuk relasi atau table dua dimensi, dan antartabel satu dengan table lainnya terdapat hubungan atau relationship sehingga sering kita baca di berbagai literature, database didefinisikan sebagai “kumpulan dari sejumlah table yang saling berhubungan atau keterkaitan”.

Kumpulan dari data yang diorganisasikan sebagai table tadi disimpan dalam bentuk data elektronik di dalam harddisk komputer dan dikelompokkan secara logis berdasarkan schema user (”Konsep User dan Schema” akan dibahas kemudian)

Untuk membuat struktur tabel, mengisi data, mengubah data dan menghapus data dari dan atau ke tabel diperlukan software.

Software yang digunakan untuk membuat tabel, mengisi, mengubah dan menghapus data disebut Relational Database Management System (RDBMS).

Sedangkan perintah yang digunakan untuk membuat tabel, mengisi, mengubah dan menghapus data disebut dengan perintah SQL (Structure Query Language).

Jadi setiap software RDBMS pasti bisa digunakan untuk menjalankan perintah SQL.

Sebenarnya fungsi RDBMS bukan hanya sekedar untuk membuat tabel, mengisi, mengubah dan menghapus data.

Tetapi untuk manajemen data dalam skala besar yang dapat mendukung proses bisnis secara kontinyu dan real time yang mempunyai kemampuan manajemen user, keamanan, backup dan recovery data serta kemampuan lainnya yang berkaitan dengan kecepatan pemrosesan data.

Salah satu software RDBMS yang ada di pasaran saat ini dan cukup banyak digunakan adalah Oracle Database yang dikeluarkan oleh Oracle Corporation.

Oracle Database From Wikipedia, the free encyclopedia

Oracle Database Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

ORACLE INDONESIA

Belajar dan Praktek Bisnis Online via Internet Sukses

Oracle: Konsep Dasar


One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s