Oracle: Interface Database


Setelah komputer terinstal Oracle dan database sudah dibuat. Selanjutnya bagaimana menggunakan atau berinteraksi dengan database tersebut.

Oracle menyediakan beberapa tools tergantung dari versi software Oracle-nya. Pada Oracle 9i dan 10g disediakan SQL*Plus dan iSQL*Plus, sedangkan pada Oracle 11g, iSQL*Plus sudah digantikan dengan SQL Developer.

SQL*Plus
Merupakan tools yang keberadaannya sudah cukup lama, disetiap versi Oracle bisa dipastikan tools ini ada. Bagi yang sudah pernah menggunakan Oracle, tentunya sudah mengenal SQL*Plus, untuk yang masih baru di Oracle jangan berkecil hati, ikuti tahapan berikut untuk menggunakan SQL*Plus.

Memulai SQL*Plus dari Windows
Jika menggunakan Windows XP dan Oracle 11g, kita bisa memulai SQL*Plus dari menu Start > Program > Oracle-OraDB11g_Home1 > Application Developments > SQL Plus.

Setelah itu kita diminta mengisikan Username dan Password, untuk sementara gunakan Username: system dan Password: sesuai yang diisikan pada saat membuat database pada proses instalasi.

Jika berhasil connect, maka akan tampil prompt sbb:
SQL>_

Jika menggunakan Windows XP dan Oracle 10g atau versi dibawahnya, cara memulai SQL*Plus tidak berbeda dengan versi 11g, yaitu dari Start > Program > Oracle-OraDB10g_Home1 > Application Developments > SQL Plus.

Setelah itu kita diminta mengisikan Username dan Password pada form login, untuk sementara gunakan Username: system dan Password: sesuai yang diisikan pada saat membuat database pada proses instalasi. Klik OK.

Jika berhasil connect, maka akan tampil prompt sbb:

SQL>_

Memulai SQL*Plus dari Command Prompt
Kita juga bias menggunakan SQL*Plus dari command prompt. Jika kita sudah berada dilingkungan command prompt, maka untuk menjalankan SQL*Plus, ketikkan sqlplus pada prompt.

C:\>sqlplus [Enter]

Setelah itu kita diminta mengisikan Username dan Password, untuk sementara gunakan Username: system dan Password: sesuai yang diisikan pada saat membuat database pada proses instalasi.

Jika berhasil connect, maka akan tampil prompt sbb:
SQL>_

SQL Developer
Berupa tools dengan mode GUI (Graphic User Interface) yang digunakan untuk berinteraksi dengan database. Dengan SQL Developer kita akan lebih mudah dalam melakukan eksplorasi database seperti mengatur table, menulis perintah SQL, melakukan edit dan debug kode program PL/SQL, dan masih banyak lagi kemudahan lainnya.

SQL Developer mulai disatukan dengan installer Oracle sejak Oracle 11g. Pada versi sebelumnya merupakan tools dengan installer yang terpisah. Walaupun demikian SQL Developer yang terintegrasi dengan Oracle 11g bisa juga digunakan untuk berinteraksi dengan Oracle 9i dan 10g.

SQL Developer dikembangkan dengan Java, sehingga untuk menggunakannya kita harus sudah menginstal Java Executable.

Untuk menjalankan SQL Developer, jika kita menggunakan Windows XP, klik

Start > Program > Oracle-OraDB11g_Home1 > Application Developments > SQL Developer.

Pertama kali SQL Developer akan meminta lokasi dari Java Executable file. Secara default jika kita sudah menginstal Oracle 11g, lokasi Java Executable ada di $ORACLE_HOME\jdk\bin. Klik browse untuk mencari lokasi Java Executable.

Agar bisa mengakses ke suatu database maka harus dibuat dulu Connection di SQL Developer. Buat koneksi dengan klik pada tombol New Connection.

Maka akan muncul form untuk setting Connection dengan isian sbb:

  1. Connection Name, adalah nama koneksi yang akan dipakai, dalam hal ini misalnya diisi dengan conn_sales.
  2. Username dan Password, adalah user atau schema yang digunakan untuk login ke database.
  3. Hostname, adalah untuk menentukan nama komputer tempat database, karena saat ini database ada pada komputer yang kita sedang gunakan, maka isi dengan localhost.
  4. Port, biarkan saja berisi default (1521).
  5. Service Name, adalah untuk menentukan nama database, misalnya dbsales.inspirasi.com.

Tekan tombol Test untuk mengecek apakah setting koneksi berhasil?, perhatikan status dipojok kiri bawah, jika berhasil maka Status: Success. Simpan hasil setting Connection dengan menekan tombol Save.

Jika kita ingin mengetahui lebih detail tentang cara pengunaan SQL Developer silahkan dilihat pada menu Help.

Pada bagian selanjutnya kita akan bahas dan singkap sedikit tentang perintah SQL.

3 comments

  1. Saya baru saja menginstal oracle 11g, tapi gag tau harus gimana lagi. Akhirnya saya coba2 sendiri lihat2 dalam folder database ada “setup”, saya klik tapi malah minta email dan password. Setelah saya isi sesuai dengan email dan password saya, ternyata gagal. Wah, bingung. Mohon bantuannya. Thanks before.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s