Tips Menjadi Entrepreneur


Bagaimanapun, untuk menjadi seorang entrepreneur, tak cukup memiliki pengetahuan tentang bisnis. Karakter atau jiwa entrepreneur juga sangat dibutuhkan. Karena itu penting sekali mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut pada diri kita sendiri untuk mengetahui seberapa besar karakter entrepreneur kita.

Berapa besar komitmen kita? Seorang entrepreneur sukses memiliki komitmen yang besar terhadap bisnisnya. Mudah dipahami memang, tapi sulit dalam prakteknya. Jika kita masih berangan-angan memiliki bisnis sendiri dan belum memulainya, barangkali kita mesti memperkuat komitmen kita dan siap dengan segala resikonya. Bagaimanapun, tak satupun bisnis di dunia ini yang aman dari resiko. Walau begitu, resiko juga bisa dimanajemen bukan?!

  1. Apakah gelas kita setengah penuh atau setengah kosong? Tidak semua orang optimis adalah entrepreneur, tetapi hampir semua entrepreneur adalah orang-orang optimis. Setiap entrepreneur biasanya memiliki kemampuan melihat kesempatan positif dari suatu tantangan situasi. Tanpa keyakinan optimistis, maka akan sulit bertahan pada masa-masa sulit dan mengembangkan bisnis.
  2. Apakah kita senang membuat keputusan? Keputusan berarti komitmen. Keputusan yang salah bisa mengarah pada masalah dan menghilangkan rasa hormat dari suatu kelompok. Memiliki sebuah bisnis, khususnya yang modalnya tidak besar, berarti harus siap membuat keputusan dengan market research terbatas dan informasi yang kurang lengkap. Nah, kira-kira apakah kita senang membuat keputusan-keputusan demikian?
  3. Apakah kita memiliki uang untuk membuat cita-cita bisnis kita terwujud? Jangan berhenti dulu dari pekerjaan sehari-hari, sampai kita memiliki modal yang cukup untuk kelangsungan bisnis. Memenuhi kebutuhan keuangan untuk bisnis tidaklah mudah dan perlu pengorbanan pribadi apakah itu dari tabungan, pinjaman bank, dll. kita juga harus siap jika ternyata ada yang tidak berjalan sesuai rencana. Nah, apakah kita sanggup menyokong kelangsungan business plan agar bisnis kita tetap bertahan?
  4. Apakah kita senang menjual? Dalam bisnis, penjualan adalah bagian alami dari segala pekerjaan bahkan jika mereka tidak pernah bekerja di bidang penjualan sekalipun. Sebagai seorang entrepreneur, pekerjaan kita adalah ‘menjual’. Menjual produk kita, visi perusahaan dan diri kita sendiri. Dan kita harus melakukan ini setiap hari, dalam setiap waktu. Jika kita menikmatinya, kita memang seorang entrepreneur sejati.

Jika kita menjawab YA pada sebagian besar pertanyaan-pertanyaan di atas, berarti kita memiliki karakter entrepreneur dan siap untuk memiliki bisnis sendiri.

Tetapi

Jika sebagian besar jawabannya adalah TIDAK, sebaiknya pertimbangkan untuk mencari partner bisnis kita yang dapat membantu membuat rencana bisnis kita menjadi kenyataan.

Ref: Asian Brain Newsletter – Think & Succeed!


5 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s