Cara kreatif Mendapatkan Modal


Modal adalah alasan yang paling banyak diungkapkan oleh orang-orang saat ditanya kenapa tidak menjalankan bisnis. Untuk itulah artikel ini ditulis, untuk membuka mata bahwa ternyata ada cara kreatif mendapatkan modal yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Sebelum kita membahas cara tersebut, ada baiknya kita bahas apa saja yang menyebabkan orang sulit mendapatkan modal.

Penghambat Mendapatkan Modal

  1. Anggapan bahwa modal itu selalu uang tunai. Ini sering kali membuntukan pikiran kita, banyak orang selalu berpikir bahwa yang disebut modal itu selalu identik dengan uang tunai, sehingga tidak ada uang tidak ada modal. Jika kita mau membuka pikiran, kita akan melihat modal dalam bentuk lain sebagai padanan dari uang tunai tersebut. Modal adalah sesuatu yang membuat kita bisa memulai dan menjalankan bisnis. Tidak selamanya dalam bentuk uang tunai. Lalu apa saja jika bukan uang tunai? Jawabannya adalah dalam bentuk pertanyaan juga, jika kita memiliki modal uang, akan dugunakan untuk apa uang tersebut? Jawabannya tentu untuk membeli aset dan untuk pembiayaan-pembiayaan. Jadi jika kita tidak memiliki modal uang tunai, tetapi kita bisa mendapatkan aset dan melakukan pembayaran, apakah itu bukan modal? Ingat bahwa modal usaha bisa dalam bentuk aset atau bisa membayar biaya produksi, gaji, dan pembiayaan lainnya tanpa menggunakan uang kita sendiri.
  2. Tidak Mau Membayar Untuk Modal. Setiap modal yang kita dapatkan selalu ada bayarannya. Jika kita meminjam ke bank atau lembaga peminjaman lainnya, kita harus membayar bunga. Jika kita menggunakan uang sendiri pun ada bayarannya, yaitu hilangnya kesempatan untuk menggunakan uang itu untuk keperluan lain. Bayaran untuk modal tidak selamanya dalam bentuk uang lagi, bisa juga dalam bentuk kerja keras, waktu, keuletan, dan kegigihan Anda. Itu sudah menjadi konsekuensi, jika tidak memiliki modal uang, kita bisa menggunakan apa yang kita bisa kita lakukan. Begitu juga, kita harus mau berbagai keuntungan dengan orang lain yang bersedia berbagai aset dengan kita.
  3. Tidak mau bertahap. Saat seseorang membutuhkan modal sebesar Rp 100 juta, banyak orang yang hanya berpikir bagaimana mendapatkan uang sebanyak itu sekaligus. Padahal kita bisa mencapai uang sebesar itu jika kita mau mendapatkan secara bertahap. Mulailah dari seberapa uang yang kita miliki kemudian cari cara bagaimana cara menambahnya sampai mendapatkan uang sebesar yang kita miliki.
  4. Tidak sadar dengan aset sendiri. Sebenarnya kita memiliki aset yang bisa kita gunakan untuk memulai bisnis. Rumah yang Anda miliki adalah aset, termasuk apa yang ada didalamnya, seperti kulkas, blender, alat masak, kursi, meja, dan sebagainya. Cobalah pikirkan ide bisnis apa yang bisa dijalankan dengan menggunakan aset yang sudah kita miliki. Selain aset dalam bentuk benda, kita juga memiliki aset lainnya yang berupa keterampilan kita, pengetahuan kita, pengalaman kita, teman-teman kita. Tidak selamanya aset itu dalam bentuk benda atau uang, pokoknya aset adalah sesuatu yang (bisa) menghasilkan uang bagi Anda. Sekali lagi, cobalah pikirkan ide bisnis apa yang bisa dijalankan dengan menggunakan aset yang sudah kita miliki. Cara lain yang bisa kita lakukan dengan aset yang kita miliki ialah memanfaatkannya untuk mendapatkan modal sehingga bisa terkumpul untuk menjalankan bisnis yang sudah kita rencanakan. Anda bisa menyewakan gedung yang Anda miliki, Anda bisa menjual pengetahuan yang Anda miliki, dan berbagai cara lainnya.

Artikel Terkait: Membangun Bisnis Modal Dengkul

3 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s