Membangun Bisnis Modal Dengkul


Dengkul disini maksudnya ialah kemauan Anda. Kemauan Anda untuk tekun dan bekerja keras. Kemauan Anda untuk mendapatkan penolakan. Kemauan Anda untuk bertahan terus sampai citacita Anda terwujud.

Membangun sebuah bisnis dengan modal dengkul seperti membangun sebuah bangunan dengan tanpa membeli bahan bangunan. Berpikirlah perbagian-bagian kemudian gabungkan menjadi satu kesatuan sebuah bisnis yang lengkap. Apa saja bagian-bagian yang ada dalam sebuah bisnis?

Mulai dari tempat usaha, kemudian produk, pemasaran, dan sumber daya manusia.

Tempat Usaha. Apakah akan menyewa, kredit, kerja sama dengan orang lain, atau meminjamnya? Rencanakanlah bagaimana caranya Anda akan mendapatkan tempat ini. Berbicaralan kepada temanteman Anda, bacalah iklan dis surat kabar, cobalah bertanya kepada keluarga Anda, siapa yang memiliki tempat tidak terpakai, dan berbagai usaha yang lainnya. Percayalah, jika Anda tekun mencarinya Anda akan mendapatkannya. Insya Allah.


Produk. Apa produk yang akan Anda jual? Bagaimna cara mengadakan produk tersebut? Apakah akan memproduksi sendiri? Berapa biaya yang diperlukan untuk perlatan atau mesin? Apakah Anda memiliki peralatan produksinya? Atau siapa yang punya? Apakah bisa dipinjam, bagi keuntungan, disewa, atau bentuk kerja sama lainnya? Jika tidak mau produksi sendiri, apakah Anda akan menjual produk orang lain? Bagaimana caranya? Apakah konsinyasi? Atau Anda mendapatkan produk tersebut dengan cara kredit? Kini langkah Anda selanjutnya ialah mencarinya sampai mendapatkannya.

Pemasaran. Begitu juga dengan pemasaran, banyak ide untuk bisa memasarkan produk tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Pilihlah dan coba cara-cara yang sesuai dengan produk Anda.

Sumber Daya Manusia. SDM juga bisa diakali, bagaimana Anda bisa mendapatkan SDM tanpa harus mengeluarkan uang sendiri. Usahakan bahwa bisnis Anda yang membayar SDM tersebut, bukan uang dari kantong Anda.

Integrasikan. Tempat usaha, Produk, Pemasaran, dan SDM bisa Anda dapatkan tanpa mengeluarkan uang banyak. Hemat uang Anda, cari tambahan uang tunai untuk persediaan dengan cara-cara yang disebutkan di atas, kemudian integrasikan semuanya, dan jadilah sebuah bisnis.

Artikel Terkait: Cara kreatif Mendapatkan Modal

8 comments

    1. Key lah klo begitu.. Silahkan baca artikel terkait Cara kreatif Mendapatkan Modal dan tunggu artikel-artikel terkait berikutnya untuk lebih gamblang dan jelas lagi. Yang sangat penting adalah Niat mau berusaha, Praktek, Praktek, Praktek, Praktek, Praktek dan Fokus, Fokus, Fokus, Fokus, Fokus. Thankyu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s