Ide-ide Brilian Mendapatkan Modal untuk membangun bisnis dengan penghematan atau Tanpa Modal 21-45


21. Iklan dalam iklan (sponsorship). Jika Anda jeli memperhatikan iklan di media masa, ternyata sudah banyak orang yang
melakukan hal ini. Sebagai contoh yang baru saja saya lihat beberapa hari yang lalu ialah iklan sebuah merk HP, ternyata di bagian bawah itu ada yang numpang iklan-iklan yang lainnya, diantaranya counter-conter HP di kota tersebut. Bisa saja counter-counter tersebut tidak perlu mengeluarkan biaya. Iklan gratis bukan?

22. Profit sharing dengan pemilik media. Jika Anda punya kenalan orang yang memiliki media, hal ini bisa ditawarkan. Tentu saja tawaran Anda harus menarik dibanding Anda membayar secara biasa. Sebagai contoh, jika biaya iklan Rp 1.000.000, maka hasil profit sharing untuk media harus lebih besar dari Rp 1.000.000. Memang tidak ada jaminan, tetapi Anda harus mampu meyakinkan dan mau membujuk pemiliki media untuk menanggung resiko bersama, toch dia akan mendapat keuntungan lebih besar jika berhasil.

23. Iklan gratis. Ada lho iklan gratis, di internet sangat banyak. Bahkan media masa pun ada yang menawarkan iklan gratis. Tidak ada salahnya dicoba, kalaupun tidak berhasil, tidak rugi juga.

24. Profit sharing dengan pemilik database. Jika Anda sudah memiliki produk dan katalog, Anda bisa melakukan promosi dengan
memanfaatkan database orang lain. Biasanya kita harus menyewa atau membeli database tersebut, tetapi bisa juga dilakukan dengan cara profit sharing.

25. Sponsorship silang database. Mendapat database A dengan imbalan sponsorship ke database B, dan sebaliknya. Contoh, Anda memiliki database dan, kemudian Anda ingin menambah database dan akan menggunakan database orang lain dengan imbalan sponsorship bagi pemilik database tersebut.

26. Penggunaan amplop bersama. Amplop memang murah, tetapi penggunaan amplop bersama akan menghemat cukup banyak uang, karena biaya penanganan amplop lumayan besar. Biaya yang besar adalah biaya pengiriman amplop tersebut kepada pelanggan. Jika biaya pengiriman saja Rp 1.000 per amplop, jika Anda akan mengirim 3000 amplop, biaya diperlukan bisa sampai Rp 3.000.000. Jadi akan menjadi penghematan lumayan jika ditanggung bersama.

27. Profit sharing dengan pemilik web site. Anda bisa profit sharing dengan pemilik web site jika Anda akan promosi di internet. Jika Anda memiliki produk dan bisa dipasarkan melalui internet, Anda bisa menghubungi pemilik-pemilik web site yang sesuai dengan produk Anda tetapi bukan pesaing. Biasanya pada web site ada halaman kontak kami, atau apapun namanya sehingga kita bisa mengkontak alamat email pemilik web. Manfaatkanlah untuk menawarkan usulan Anda. Kirimkan proposal kerja sama yang Anda tawarkan. Diantara pemilik web site, hanya sedikit yang akan menerima tawaran Anda. Oleh karena itu diperlukan ketekunan
bagi Anda untuk tetap mencarinya.

28. Penggunaan web site bersama untuk penghematan. Jika Anda memiliki kenalan atau teman yang memiliki web site, Anda bisa
menggunakannya bersama. Atau jika belum punya bisa membangun web site bersama sehingga bisa menghemat biaya pembuatan web. Biaya pembuatan web sangat bervariasi mulai dari ratusan ribu (membangun sendiri) sampai ratusan juta, tergantung kecanggihan web yang akan kita bangun.

29. Nampang produk di web orang lain, bayar setelah produk laku. Cara yang lainnya ialah dengan menampilkan produk kita di web site dan membayar setelah produk laku. Tentu saja Anda harus mencarinya dan apa keuntungan yang akan diberikan oleh kita kepada pemilik web site.

30. Masang iklan di web site orang lain dengan imbalan mempromosikan web tsb di tempat lain. Teman saya akan menyelenggarakan seminar, kemudian dia meminta saya untuk mempromosikan seminarnya di website saya dan saya mendapat imbalan promosi di brosur, selebaran, serta spanduk.

31. Promosi di web site dengan cara kredit. Kredit pun bisa digunakan, namun tidak semua pemilik web site mau, bahkan hanya
sedikit yang mau. Satu-satunya cara ialah dengan mencarinya dan manfaatkan jaringan Anda, siapa yang memiliki web site dan mau dibayar secara kredit?

32. Profit sharing dengan pemilik Database email. Agar dapat memasarkan produk melalui email marketing, Anda perlu data base email yang cukup banyak. Ada dua cara, mengumpulkan alamat tersebut atau membelinya. Anda tidak bisa sembarangan mengumpulkan alamat email, harus dengan prosedur tertentu agar tidak dianggap SPAMMING yang di Amerika sana sudah menjadi pelanggaran hukum, setidaknya tidak etis. Untuk mengumpulkan alamat email tersebut perlu waktu dan membeli alamat email tentu perlu uang. Masih ada cara ketiga yaitu profit sharing dengan orang yang memiliki data base email. Ini bisa menghemat biaya.

33. Penggunaan Database email bersama untuk penghematan. Mirip dengan no 32, tetapi data base email tersebut adalah milik bersama. Anda dan rekan Anda bisa patungan membeli data base email tersebut.

34. Nampang produk di Database email orang lain, bayar setelah produk laku. Mirip dengan no 29, tetapi memasang iklan di email yang akan dikirim ke data base email orang lain.

35. Masang iklan di milist orang lain dengan imbalan mempromosikan milist tsb di tempat lain. Milist, contoh yang terkenal adalah yahoogroup, bisa dijadikan ajang promosi. Sebagian ada yang gratis, sebagian ada yang justru tidak boleh, dan sebagian ada yang boleh dengan bayaran. Yang ketiga ini biasanya lebih baik, namun perlu bayaran. Jika tidak punya (tidak mau mengeluarkan) uang, bisa dengan tawaran yang lain, misalnya dengan imbalan bahwa Anda akan mempromosikan milist tersebut pada media lain atau cara lain.

36. Promosi di milist dengan cara kredit. Cara lain untuk promosi di milist ialah dengan cara kredit. Cari saja, mungkin saja ada yang mau memberi. Yang paling mudah tentu dari kenalan Anda. Ebook adalah media elektronik yang bisa dimanfaatkan untuk promosi suatu produk atau web site. Cara dan idenya hampir sama dengan promosi di web site atau dimilist, jadi saya tidak perlu membahas lagi.

37. Profit sharing dengan pemilik ebook.

38. Penggunaan ebook bersama untuk penghematan.

39. Nampang produk di ebook orang lain, bayar setelah produk laku.

40. Masang iklan di ebook orang lain dengan imbalan mempromosikan ebook tsb di tempat lain.

41. Promosi di ebook dengan cara kredit

42. Memasang iklan di ebook gratis

43. Dapatkan uang muka untuk membayar biaya produksi. Saya punya teman yang berbisnis dengan modal dengkul, caranya ialah dengan mendapatkan uang muka dari barang yang dia tawarkan. Dari uang muka tersebutlah dia membiayai produksi. Kenapa Anda tidak mencoba memulai bisnis dengan sistem ini.

44. Dapatkan uang muka untuk membayar gaji. Cara lain untuk memanfaatkan uang muka adalah untuk membayar gaji karyawan.

45. Bayar gaji berdasarkan dengan komisi berdasarkan hasil kerja. Ini kebalikan cara no 45, Anda bisa membayar gaji karyawan berdasarkan hasil kerja atau setelah produknya laku terjual. Tentu saja ini harus ada kesepakatan dengan para karyawan, termasuk kalau seandainya produk tersebut lama terjual.

Yang paling sering dilakukan dengan cara ini ialah membayar gaji tenaga sales. Sering kali perusahaan hanya membayar sesuai dengan produk yang laku dijual oleh sales. Cara no 1 sampai 45 adalah cara-cara kita untuk dapat menjalankan bisnis, mulai mendapatkan tempat, bisa memproduksi produk, sampai bisa memasarkan produk dengan biaya kecil atau tanpa biaya sama sekali. Memang tidak mudah, segala sesuatu ada bayarannya, jika bukan uang tentu saja dengan ketekunan dan kerja keras kita.

Cara no 46 sampai 72 akan dibahas cara-cara mendapatkan uang dari aset yang kita miliki. Ada 26 cara berbeda untuk mendapatkan uang dari aset tergantung aset yang kita miliki. Mari kita lihat satu persatu.

Artikel Terkait: Membangun Bisnis Modal Dengkul, Cara Kreatif Mendapatkan Modal, Ide-ide Brilian Mendapatkan Modal untuk membangun bisnis 01-20

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s