Belajar Mandiri BAHASA INGGRIS (02)


JENIS KALIMAT, SUBJEK KALIMAT, BENTUK KALIMAT
10. Baik, kita cukup memahami posisi kata ganti tadi. Lalu, apa masih ada ha-hal lain yang harus kita pahami?

Masih amat banyak. Baiklah, sekarang kita mulai saja membahas jenis kalimat. Pada dasarnya, kalimat bahasa Inggris itu terbagi menjadi dua jenis.

Pertama, kalimat yang tidak menerangkan suatu tindakan pekerjaan. Disini kita namakan saja “kalimat tanpa kata kerja”.

Kedua, kalimat yang menerangkan suatu tindakan pekerjaan. Kita namakan saja “kalimat ada kata kerja”.

Kedua jenis kalimat itu dapat kita buktikan sendiri pada contoh berikut ini.

Tanpa Kata Kerja (TKK)

  1. I am anxious about the therapy. (Saya khawatir tentang pengobatan itu)
  2. Are you John Milton? (Yes, I am John Milton). Apakah anda John Milton? (Ya, saya John Milton)
  3. How old are you? (I am twenty three years old). Berapa umurmu? (Saya berumur dua puluh tiga tahun).
  4. She is busy these days. (Akhir-akhir ini ia sibuk).
  5. My arm is asleep. (Lengan saya kesemutan).

Ada Kata Kerja (AKK)

  1. I always breakfast on toast and coffee. (Saya selalu sarapan roti panggang dan kopi.)
  2. I commute daily from Bandung to Cirebon. (Saya pulang pergi kerja tiap hari darfi Bandung ke Cirebon.)
  3. That blue coat dress becomes you. (Gaun jas biru itu cocok untukmu)
  4. I want to improve my English. (Saya ingin memperbaiki bahasa Inggris saya).
  5. They don’t live here any more. (mereka tidak tinggal di sini lagi.

Kemudian, kalimat AKK dibagi lagi menjadi dua macam:

  1. (a) kalimat berkata kerja aktif dan
  2. (b) kalimat berkata kerja pasif.

Kalimat berkata kerja aktif adalah kalimat yang subjeknya melakukan tindakan pekerjaan terhadap objek.

Contohnya sebagai berikut:

  1. I asked him the time. (Saya bertanya jam berapa kepadanya.)
  2. This valve regulates the gas intake. (Katup ini mengatur masuknya gas.)

Sebaliknya, kalimat berkata kerja pasif adalah kalimat yang subjeknya dikenai pekerjaan oleh objeknya.

Contohnya sebagai berikut:

  1. I was asked by him the time. (Saya ditanyai jam berapa olehnya.)
  2. The gas intake is regulated by this valve. (Masuknya gas diatur oleh katup ini.)

Nanti, kalimat berkata kerja pasif akan kita pelajari dalam bagian tersendiri. 🙂

Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah


3 thoughts on “Belajar Mandiri BAHASA INGGRIS (02)”

  1. Makasih banget Pak !, tolong diperkaya contoh2 buat kosakata dan conversationnya juga agar kita2 bisa cepat mempraktekkan

  2. 12 th blajar inggris kuk ga isa ya?dr sd smp sma!!pdhl aq ingin bisa lancar omong inggris!!dasar wong jowo,,pengene opo2 dadine malah rekoso.

Leave a comment